Pangsa Pasar Isuzu Indonesia Naik Kala Pandemi, Model Traga Masih Andalan

Senin, 29 Juni 2020 17:37 Reporter : Syakur Usman
Pangsa Pasar Isuzu Indonesia Naik Kala Pandemi, Model Traga Masih Andalan Pangsa pasar Isuzu Indonesia naik di masa pandemi. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Makro ekonomi Indonesia terganggu akibat pandemi Covid-19 sejak Maret lalu. Gangguan ini berdampak terhadap segmen kendaraan komersial.

Namun segmen kendaraan komersial berbeda dari kendaraan penumpang. Kendaraan komersial sebagai penopang dari pergerakan logistik dan distribusi. Di tengah pandemi kebutuhan terhadap logistik dan distribusi ritel justru meningkat sehingga segmen ini bertumbuh.

Bagaimana dengan Isuzu?

Isuzu Indonesia juga mengalami penurunan seperti merek otomotif lainnya. Sampai dengan Mei lalu, Isuzu melakukan penjualan sebesar 6.792 unit. Turun 27,9 persen dibandingkan Mei tahun lalu. Namun, pangsa pasar Isuzu naik dari 2,4 persen menjadi 2,6 persen.

Ya, meski seluruh produk Isuzu mengalami penurunan penjualan, dari sisi pangsa pasar terjadi peningkatan yang dialami oleh Isuzu.

Attias Asril, General Manager PT Isuzu Astra Motor Indonesia, menyebutkan Isuzu Traga meraih pangsa pasar 24,8 persen di segmen kendaran niaga ringan. Sementara Isuzu Elf mendapat pangsa pasar 22,5 persen dan Isuzu GIGA 15,5 persen.

“Kami cukup senang, karena Isuzu semakin diterima di kalangan pebisnis logistik Indonesia. Karena di tengah pandemi, segmen yang masih tetap berjalan seperti segmen logistik dan ditributor ritel justru tumbuh pesat. Harapan kami Isuzu bisa menjadi partner sejati dalam setiap langkah perjalanan kustomer menuju sukses. Dengan Isuzu sebagai partner bisnis mereka, kendaraan komersial Isuzu bisa memaksimalkan keuntungan bisnisnya," ujar Attias dalam diskusi virtual, baru-baru ini.

1 dari 1 halaman

Kampanye #BersamaIsuzu Donasikan Lebih Rp 100 Juta

pangsa pasar isuzu indonesia naik di masa pandemi

©2020 Merdeka.com

Hingga 15 Mei lalu, Isuzu melalui kampanye sosial #BersamaIsuzu berhasil mengumpulkan 5.121 hashtag (tagar). Hashtag itu berasal dari partisipasi masyarakat berkontribusi pada lingkungan lewat cara mengunggah foto apa pun dengan hashtag #bersamaisuzu di media sosial seperti Instagram dan Facebook. Setiap 1 hashtag yang terunggah Isuzu kumpulkan dan dikonversikan sebagai bentuk rupiah senilai Rp 1.000.

Sampai saat ini total CSR Isuzu Indonesia mencapai lebih dari Rp 100 juta. Sebagai bagian dari Good Corporate Governance (GCG), Isuzu Indonesia menyalurkan bantuan pada mereka yang berjuang dan terdampak pandemi virus Corona. Isuzu sudah menyalurkan bantuan berupa sanitizer, disinfektan, dan multivitamin ke beberapa pihak.

Antara lain Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang, Puskesmas Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang, Masyarakat Desa Mulyasari Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang, dan Gugus Tugas Covid 19 Kota Bekasi.

Bantuan juga diberikan berupa paket sembako sejumlah 650 paket yang dibagikan secara berkesinambungan kepada warga di sekitar pabrik Isuzu Karawang. Selain Isuzu Astra Motor Indonesia, seluruh diler Isuzu di seluruh Indonesia juga melakukan aksi sosial membantu masyarakat terdampak pandemi.

Seperti diler Astra Isuzu di Palembang, Lampung, Surabaya, Medan, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Solo, Manado, dan Karya Zirang di Semarang.

[sya]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini