Pabrikan Ban Bridgestone Indonesia 'Bocorkan' Rencana Strategis 2019

Rabu, 10 April 2019 11:44 Reporter : Syakur Usman
Pabrikan Ban Bridgestone Indonesia 'Bocorkan' Rencana Strategis 2019 Bridgestone Indonesia 2019. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Menjadi pemain dominan di pasar ban Indonesia sekian lama, PT Bridgestone Tire Indonesia menyiapkan berbagai strategi baru pada 2019. Targetnya menjadi pilihan utama para konsumen otomorif Indonesia, sekaligus meningkatkan pangsa pasar ban Bridgestone melalui jaringan penjulan dan produk baru.

Akihito Ishii, Presiden Direktur Bridestone Indonesia, menyatakan dengan proyeksi penjualan mobil di Indonesia tahun ini mencapai 1,1 juta unit, kami optimistis Bridgestone Indonesia dapat terus memberikan produk terbaik dan meningkatkan layanan berkualitas bagi konsumen Indonesia.

Ishii-san pun membocorkan rencana strategisnya pada tahun ini. Misalnya pada Juli, Bridgestone Indonesia kembali berpartisipasi di salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia, yakni GIIAS 2019. Kemudian pada kuartal III, kami juga akan meluncurkan produk ban baru di segmen sport, yang menawarkan performa tinggi kelas premium.

"Untuk perkuat kanal penjualan, Bridgestone akan menambah outlet Toko Model (TOMO) hingga 312 toko di akhir tahun ini. Selain toko fisik, kami juga berencana memperkuat penjualan lewat TOMOnet dengan penambahan fitur-fitur baru agar dapat beradaptasi dengan pasar e-commerce di Indoensia," ujar Ishii saat media gathering Bridgestone Indonesia di Jakarta, kemarin (9/4).

Di pasar ban pabrikan atau original equipment manufacturer (OEM), di awal 2019, Bridgestone dipercaya sebagai ban OEM untuk All New Toyota Camry, New Toyota Avanza, dan New Daihatsu Xenia. Sementara di pasar kendaraan niaga, Bridgestone Indonesia juga tengah dalam tahap finalisasi sebagai pemasok ban OEM untuk salah satu pabrikan truk terbesar di Indonesia.

"Kami sudah lebih dari 40 tahun di Indonesia menjadi perusahaan ban terkemuka. Kami selalu berusaha menyediakan produk-produk dan layanan terbaik bagi konsumen otomotif Indonesia sesuai filosofi perusahaan yakni Serving Society with Superior Quality," ucap Ishii.

PT Bridgestone Tire Indonesia memiliki dua pabrik, yakni di Bekasi dan Karawang, Jawa Barat. Selain itu, ada juga fasilitas Proving Ground (lintasan uji coba) dan Education Center di pabrik Karawang.

Pabrik Bekasi mulai beroperasi pada Januari 1976 dengan kapasitas produksi 14 ribu ban per hari dan jumlah karyawan 1.759 orang. Sedangkan pabrik Karawang beroperasi September 1999 dengan kapasitas produksi hingga 27.500 ban per hari untuk ban radial kendaaran penumpang, baik untuk pasar domestik maupun ekspor. Total karyawannya 1.658 orang.

Menariknya di pabrik karawang, terdapat lintasan uji coba sepanjang 2 kilometer. Di sini ada berbagai jenis permukaan jalan sesuai dengan kondisi jalan raya di Indonesia, termasuk sirkuit untuk uji pengendalian kondisi jalan kering dan basah sepanjang 0,4 kilometer. Tikungan kecepatan tinggi hingga 120 kilometer per jam dan delapan tipe permukaan jalan untuk uji noise, vibration, and harshness (NVH). [sya]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini