Model Vietnam Problem di 2019, tapi Kenapa Mitsubishi Indonesia Baru Recall Xpander?

Senin, 22 Juni 2020 20:49 Reporter : Syakur Usman
Model Vietnam Problem di 2019, tapi Kenapa Mitsubishi Indonesia Baru Recall Xpander? Mitsubishi Xpander di GIIAS 2017. ©2017 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan kampanye perbaikan untuk model kendaraan Mitsubishi Xpander. Ini wujud kepatuhan terhadap ketentuan khususnya Peraturan Menteri Perhubungan No 53 Tahun 2019 Tentang Tata Cara Penarikan Kembali Kendaraan Bermotor.

Kampanye perbaikan ini berlaku pada konsumen Mitsubishi Xpander tahun produksi 2017-2018. Jumlahnya mencapai 139.111 unit.

Kampanye perbaikan dimulai hari ini, 22 Juni, di seluruh diler kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia. Konsumen tidak perlu mengeluarkan biaya untuk kampanye perbaikan ini dan dapat berpartisipasi dengan metode datang ke diler resmi atau fasilitas Home service.

“Xpander merupakan model yang sangat penting bagi Mitsubishi Motors dan Indonesia. Kampanye perbaikan merupakan komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi Motors menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan guna memastikan keamanan dan kenyamanan serta menjamin layanan purnajual berkualitas bagi para konsumen setia Mitsubishi di Indonesia. Kami mengundang konsumen setia Mitsubishi Xpander untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya dengan prosedur yang mudah dan tanpa biaya,” ujar Naoya Nakamura, Presiden Direktur MMKSI, dalam rilisnya, Senin (22/6).

Problem Lebih Dulu Terjadi di Vietnam

Sebenarnya problem serupa sudah dialami Mitsubishi Xpander, tapi tujuan pasar ekspor Vietnam.

Merdeka.com pernah menuliskan penarikan Mitsubishi Xpander pada awal Oktober tahun lalu.

Saat itu Mitsubishi Motors Vietnam (MMV) melakukan recall terhadap 14.051 unit Mitsubishi Xpander yang diproduksi di Cikarang, Indonesia, periode 14 Agustus 2018 dan 26 Agustus 2019.

Recall ini dilakukan untuk memperbaiki masalah di fuel pump atau pompa bahan bakar, seperti dikutip dalam situs berita vnexpress.net.

Recall ini dimulai sejak Selasa, 1 Oktober tahun ini, hingga 30 September 2021. Mitsubishi Motors akan mengganti komponen pompa bahan bakar ini di semua unit kendaraan di seluruh diler resmi secara gratis alias bebas biaya.

1 dari 1 halaman

Hasil Investigasi Mitsubishi Motors

mitsubishi xpander limited dirilis di iims 2019

©2019 Merdeka.com

Berdasarkan investigasi MMKSI, ditemukan fenomena bahwa Fuel Pump di dalam tangki dapat berhenti beroperasi yang berpotensi mengakibatkan mesin tidak dapat dinyalakan atau berhenti bekerja.

Kemungkinan penyebabnya adalah impeller memuai dan berubah bentuk, kemudian bergesekan dengan bagian di sekitarnya, sehingga impeller tersebut berhenti berputar.

Kampanye perbaikan ini dilakukan untuk melakukan pemeriksaan pada label modul fuel pump Xpander dan melakukan pergantian unit fuel pump dengan yang sudah disempurnakan.

Estimasi pelaksanaan pemeriksaan sekitar 1 jam per unit dan proses pemeriksaan dan perbaikan sekitar 2 jam per unit.

Prosedur untuk konsumen MMKSI melalui diler kendaraan penumpang Mitsubishi di seluruh Indonesia akan menginformasikan dan mengirimkan undangan kampanye perbaikan kepada konsumen yang kendaraannya terlibat.

[sya]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini