Modal Rp 75 ribu, bensin mobil jadi irit

Senin, 25 November 2013 11:21 Sumber :
Modal Rp 75 ribu, bensin mobil jadi irit Pendingin Mesin Mobil Kreasi Sendiri (Foto: Tatan R)

Merdeka.com - Nissan Cefiro yang ditunggangi Hermes, kerap menenggak puluhan liter bensin untuk mendongkrak performa sedan lawas lansiran 1992 ini. Hal inilah yang membuat karyawan perusahaan penerbangan ini terus merogoh koceknya dalam-dalam guna sedan kesayangannya tersebut.

Untungnya Hermes mempunyai mekanik langganan handal yang kerap merawat beberapa mobil di rumahnya. Jika ada sesuatu yang terjadi pada salah satu mobilnya, Hermes akan langsung mengontak Wiwid, sang mekanik langganannya itu.

Persoalan hausnya Cefiro saat minum bahan bakar diungkapkan Hermes kepada sang montir yang bernama asli Norman Widianto ini. Untuk mengatasi masalah ini, untungnys Wiwid pernah mendatangi sebuah toko onderdil di bilangan Pondokgede, Bekasi. Disana ia ditunjukkan piranti untuk mengefisiensikan bahan bakar seharga Rp 2,5 juta.

Melihat part sederhana dengan harga selangit itu, terbesit dalam pikiran Wiwid, kenapa tidak mencoba membuatnya sendiri. "Toh, saya lihat rangkaiannya sangat sederhana. Cuma, tabung plastik, jarum injeksi, selang plastik," ujarnya.

Akhirnya, Wiwid membeli semua bahan-bahan yang untuk membuat piranti injeksi pengirit bensin tersebut. Ternyata, Wiwid hanya membutuhkan dana Rp 75 ribu saja.

Semua pembuatan piranti tersebut dirangkai sesuai dengan apa yang telah dilihat pada part bermerek yang ada di toko.

Wiwid menambahkan, untuk menjadikan kinerja water injection kit ini lebih sempurna, yang harus diperhatikan adalah perbandingan air aquades dengan methanol yang ada pada tabung plastik. "Perbandingannya 1:1 antara aquades dan methanol. Keluar-masuknya aquades dan methanol juga bisa disetel sesuai dengan performa mesin yang diinginkan," terang Wiwid.

Dengan aplikasi water injection ini, mesin jadi dingin dan membuat konsumsi bahan bakar jadi irit. Piranti buatan Wiwid pun sudah terbukti khasiatnya. Nissan Cefiro yang digunakan Hermes ke Bandung hanya butuh Rp 200 ribu untuk membeli bahan bakarnya.

(kpl/tr/rd)


Sumber: Otosia.com
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tips Mobil
  3. Aksesoris Mobil
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini