Mitsubishi Xpander dan Impian Mobil Keluarga Idaman Indonesia

Senin, 11 Februari 2019 08:29 Reporter : Syakur Usman
Mitsubishi Xpander dan Impian Mobil Keluarga Idaman Indonesia Baru hari ke-5 GIIAS, Mitsubishi Xpander Panen Pesanan 1.674 Unit!. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Laela senang bukan kepalang. Ibu dua anak ini akhirnya menerima mobil keluarga impian, setelah menunggu sekian lama. Pupus sudah bayangan masa liburan akhir tahun tanpa jalan-jalan bersama anak-anak, akibat keburu menjual mobil lawasnya.

Akhirnya, Mitsubishi Xpander tipe Sport tahun produksi 2017 warna silver memenuhi garasinya, yang sempat kosong sepeninggalan mobil small MPV lamanya.

"Sejak muncul iklannya, saya suka dengan desain Mitsubishi Xpander yang terkesan gagah dan sporty," kenang Laela tentang masa-masa cemas inden Xpander setahun lalu pada Merdeka.com di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut sarjana hukum yang gemar traveling bersama keluarga ini, selain untuk kebutuhan transportasi sehari-hari, hingga kini Xpander sudah menemaninya ke berbagai obyek wisata menantang di Tanah Air. Seperti Geopark Ciletuh Sukabumi-Jawa Barat dan Red Island di Banyuwangi, Jawa Timur. Yang menarik, saat mengisi liburan akhir tahun lalu, Laela sekeluarga memenuhi hasratnya membuat rekam jejak di ujung timur Pulau Jawa alias Banyuwangi.

"Menggunakan Xpander, kami melakukan road trip Jakarta-Jawa Timur selama 10 hari menempuh jarak 2.500 kilometer. Meski jauh, perjalanan kami terasa nyaman. Bahkan untuk jalur mendaki, Xpander cukup dapat diandalkan. Terbukti kami berhasil menaklukkan jalur Geopark Ciletuh dan Kawah Injen," ujarnya gembira.

Kegembiraan serupa juga dirasakan oleh Mulyadi, bapak tiga anak asal kota Tangerang, Banten. Bayangkan, pemilik Xpander tipe Sport 2018 warna putih ini harus inden selama enam bulan demi mendapatkan mobil keluarga dambaannya.

Sudah lama menggunakan mobil keluarga merek lain, Mulyadi tampak mantap dengan pilihannya, meski Xpander pendatang baru di segmen mobil keluarga.

"Saya membeli Xpander karena beberapa pertimbangan, yakni modelnya menarik, tujuh penumpang, harga jualnya terjangkau, dan berasal dari pabrikan otomotif Jepang yang terkenal. Pertimbangan terakhir penting, karena menyangkut layanan purnajual dan suku cadangnya," ujar Mulyadi.

Dia mencontohkan, ketika Mitsubishi mampu merealisasikan apa yang dijanjikan kepada dirinya, seperti pemberian paket Smart Gold bagi pembeli Xpander. Ini paket servis berkala gratis berikut suku cadang dan biaya jasanya hingga 3 tahun atau setara 50 ribu kilometer.

Ibu Laela dan bapak Mulyadi adalah dua orang dari sekitar 115 ribu pengguna Xpander di Indonesia berdasarkan data pemesanan periode Agustus 2017-Desember 2018. Mereka hanyalah contoh 'kecil' dari kesuksesan debut Mitsubishi di segmen small MPV Indonesia.

Mereka juga bukti betapa mobil keluarga Mitsubishi Xpander sudah menarik minat keluarga Indonesia sejak diluncurkan secara global di republik ini pada Agustus 2017.

Irwan Kuncoro, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menjelaskan pencapaian Xpander di sepanjang 2018. Kata dia, penjualan wholesales Xpander Januari-Desember 2018 tercatat lebih dari 75 ribu unit.

Hasil penjualan itu membawa Xpander menjadi mobil terlaris kedua di Indonesia pada tahun lalu (hanya kalah dari Toyota Avanza yang mencatat penjualan 82.167 unit). Penjualan Xpander itu juga berkontribusi terbesar, 70 persen, terhadap keberhasilan Mitsubishi Motors di kendaraan penumpang.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para konsumen setia produk kendaraan penumpang serta niaga ringan Mitsubishi di Indonesia atas kepercayaannya selama ini. Banyak prestasi yang menorehkan sejarah bagi perkembangan Mitsubishi Motors di Indonesia, yang memiliki heritage di kendaraan niaga yang sangat kuat, tapi tetap sebagai challenger atau penantang di kendaraan penumpang. Sebagai challenger, di 2018 lalu kami berhasil mencatat banyak prestasi dalam kiprah Mitsubishi Motors di Indonesia, ujar Irwan dalam keterangan resminya, baru-baru ini.

kampanye xpander tons of real happiness di tangerang 2019 Merdeka.com

Kekuatan Konsep dan Desain

Mengapa Xpander bisa sukses besar di ranah small MPV Indonesia?

Merdeka.com mencatat satu faktor yang menjadi kunci sukses Xpander di Indonesia. Satu faktor, tapi sangat fundamental, yakni desain eksteriornya. Xpander diluncurkan secara global di Indonesia tanpa alami banyak perubahan dari mobil konsepnya; XM Concept (artinya mobil yang memadukan antara konsep crossover dan MPV).
Konsep mobil Xpander tersebut membuat peminat mobil keluarga di republik ini makin cinta.

Maka itu, agar bumbunya makin gurih, Xpander pun mendapat julukan "The Next Generation MPV". Ya, desain eksterior Xpander memang sangat menyegarkan (bisa disebut futuristik) di segmen mobil keluarga 1.500 cc. Bisa pula dibilang breakthrough di kelasnya.

Ketika konsumen di segmen ini sangat jenuh dengan desain mobil keluarga merek lain yang cenderung berada di zona nyamannya. Namun, Mitsubishi Xpander mendobrak itu, selain memberikan alternatif terbaik.

Orang desain Mitsubishi Motors Corporations menyebutnya bahasa desain Dynamic Shield. Konsep desain ini diwujudkan dengan eksterior depan dan belakang, seperti desain lampu 'sipit' di atas lampu utama dengan teknologi LED dan berfungsi sebagai DRL. Kemudian kesatuan desain gril dan bemper depan yang menempatkan lampu utama di tengah bemper. Lampu belakangnya juga LED yang terkesan mewah dan tampak sinergi dengan desain bodi sampingnya.

Sejatinya, mobil ini menggabungkan unsur terbaik MPV dan SUV, yang dikemas dengan gaya elegan dan harga kompetitif. The Next Generation MPV ini menawarkan class-leading body size, styling, roominess, dan driving performance lebih.

Selain unggul dalam desain, Mitsubishi juga mengerjakan PR-nya, sehingga Xpander menjadi paket lengkap sebagai mobil keluarga idaman Indonesia: berkapasitas 7 penumpang, ground clearance tinggi, dan harga jual terjangkau. Ingat, saat global premiere, varian terendah Xpander hanya dibanderol Rp 189 juta, sangat kompetitif dari Toyota Avanza sekalipun sebagai pemain No 1 di segmen small MPV.

PR lain yang juga dikerjakan Mitsubishi secara konsisten adalah jaringan diler. Saat ini diler kendaraan penumpang Mitsubihis di seluruh Indoensia mencapai 126 outet, dengan target 143 di akhir Maret 2019. Ini sangat penting demi mendukung layanan purnajual. Tujuannya menciptakan peace of mind bagi pembeli Xpander, seperti yang diharapkan Pak Mulyadi tadi.

[sya]

Topik berita Terkait:
  1. Mitsubishi Xpander
  2. Mobil MPV
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini