Mitsubishi Pajero Sport, Mobil Terbaik 2016 versi Wartawan Otomotif

Jumat, 23 September 2016 07:00 Reporter : Syakur Usman
Mitsubishi Pajero Sport, Mobil Terbaik 2016 versi Wartawan Otomotif All New Mitsubishi Pajero Sport 2016. © paultan.org

Merdeka.com - Bersaing dengan lima mobil finalis, akhirnya All New Mitsubishi Pajero Sport dipilih sebagai Car of the Year 2016 oleh Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot).

Mobil Sport utility vehicle (SUV) medium andalan Mitsubishi Indonesia ini mendapat skor tertinggi, yakni 189,5 poin. Finalis lain yang paling mendekati skor Pajero Sport adalah All New Toyota Kijang Innova dengan 140 poin. Sementara All New Honda Civic Turbo di posisi ketiga dengan 126,5 poin. All New Toyota Sienta dan All New Chevrolet Trax meraih poin 90 dan 79. Mobil finalis ini dipilih berdasarkan kriteria desain, kenyamanan, safety, economy, handling, performa, fungsionalitas, enviromental requirement, driver satisfaction, dan harga jual.

Indra Prabowo, Ketua Umum Forwot, menjelaskan penjurian Forwot Car Of the Year kali ke-6 ini masih tetap mengacu pada Car of the Year dari Car of the Year Committe atau caroftheyear.org. Komite ini dipakai untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa.

"Tentu ada penyesuaian dengan kondisi pasar otomotif Indonesia. Ada 25 juri dari jurnalis Otomotif yang terlibat dalam proses penjuriannya," ujar Indra, di sela acara pengumuman Forwot Car of the Year 2016 di Jakarta, Kamis (22/9).

Penganugerahan Car of the Year 2016 oleh FORWOT 2016 Merdeka.com

Penganugerahan Car of the Year 2016 oleh FORWOT 2016 Merdeka.com

Intan Vidiasari, Head of PR Mitsubishi Indonesia, mengaku senang atas raihan Pajero Sport yang diluncurkan awal Januari lalu. "Sejak Januari hingga Agustus lalu, Pajero Sport telah terjual 12 ribu unit. Penghargaan ini akan mendorong Pajero Sport bisa berkembang lebih baik lagi di pasar otomotif nasional di masa mendatang," kata Intan.

Acara yang didukung Pertamina Lubricants dan GT Radial ini berlangsung sejak 2009. Ajang pemilihan mobil terbaik ini melibat 25 juri wartawan otomotif dari berbagai media massa nasional. Dewan juri ini bertugas untuk memilih 5 finalis dari 28 mobil baru yang diluncurkan pada periode Agustus 2015-Juli 2016.

Kemudian 5 mobil finalis ini dipilih berdasarkan sistem skoring, yang mana setiap juri diberi bekal 25 poin yang harus dihabiskan untuk memilih mobil terbaik dari 5 finalis itu. [idc]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini