Minimalkan Kecelakaan, ASTRA Tol Cipali Edukasi Keselamatan Berkendara

Kamis, 15 Oktober 2020 22:00 Reporter : Syakur Usman
Minimalkan Kecelakaan, ASTRA Tol Cipali Edukasi Keselamatan Berkendara jalan tol Cipali milik Astra. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Lintas Marga Sedaya yang memiliki merek ASTRA Infra Tol Road Cikopo-­Palimanan (Cipali) bersama Kementeriaan Perhubungan RI dan Komite Nasional Keselamatan Tranportasi (KNKT) menggelar edukasi berkendara di Rest Area ASTRA Tol Cipali, kemarin (13/10).

Ini bentuk tindak lanjut dari kick off Kampanye Keselamatan Berkendara yang sudah digelar September lalu.

“ASTRA Tol Cipali melalui program 3E (Education, Engineering, dan Enforcement) berkomitmen menciptakan kelancaran, keamanan, dan kenyamanan di ruas tol Cipali. Bulan lalu bersama Korlantas Polri dan KNKT dilakukan kick off Kampanye Keselamatan Berkendara. Sebagai tindak lanjutnya dilakukan penempelan stiker imbauan untuk pengecekan tekanan ban kendaraan sebelum berkendara atau meninggalkan rest area,” ujar Agung, Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali, dalam keterangan resminya.

Bentuk keseriusan ASTRA Tol Cipali meminimalkan kecelakaan, dibuat program engineering di sepanjang ruas tol Cipali dengan memasang dua buah alat timbang kendaraaan atau Weight in Motion (WIM) di Km 74 dan 178.

Pemasangan alat timbang WIM bertujuan untuk mendeteksi golongan kendaraan yang melintas di ruas Tol Cipali. Selain memasang wire rope atau sling baja yang mampu menahan beban kendaraan hingga 80 ton dan berfungsi sebagai pembatas jalan.

Saat ini total wire rope yang dipasang sepanjang sekitar 44 Km dan dilanjutkan 65 Km pada tahun depan (2021). Selain itu, juga dipasang rumble dot sepanjang sekitar 35 Km yang berfungsi sebagai garis kejut untuk mengingatkan kewaspadaan berkendara.

Pada ruas tol Cipali juga dilakukan pendalaman median jalan sepanjang 81,245 km sebagai batas untuk menahan kendaraan agar tidak berpindah lajur. Untuk membuat pengendara berhati-hati di area black spot telah dipasang 11 unit lampu strobe dan penambahan 634 unit rambu peringatan dan imbauan untuk berhati-hati, hindari tabrak belakang, dan sebagainya.

Baca Selanjutnya: Jumlah Kecelakaan Menurun 13 persen...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini