Menunggu 11 Tahun, New Rush akan meluncur 23 November nanti

Kamis, 9 November 2017 11:23 Reporter : Syakur Usman
Menunggu 11 Tahun, New Rush akan meluncur 23 November nanti New Toyota Rush. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Perlu menunggu hingga 11 tahun, akhirnya mobil low SUV Toyota Rush akan mengalami ubahan besar atau major change pada tahun ini. Berdasarkan sumber Merdeka.com, New Rush akan diluncurkan pada Kamis, 23 November.

"New Rush akan launching tanggal 23 November di Hotel Westin, Jakarta," ujar sumber Merdeka.com, baru-baru ini.

Menurut sumber yang mengenai proses pengembangan major change Rush, New Rush mempunyai konsep baru dan berbeda dari versi lawas. Misalnya, ban cadangan tidak diletakkan di belakang, sehingga New Rush tidak lagi memakai 'konde'. Kemudian kapasitas penumpang tetap 7 orang. Sedangkan untuk suspensi menggunakan sistem suspensi Rush TRD Sportivo dengan sistem speedometer HUD (heads-up-display).

"Risetnya sejak awal tahun lalu," ujarnya.

Untuk sisi dimensi dan bodi, New Rush tidak mengalami perubahan signifikan, karena masih menggunakan desain lama, meski hanya sebagian (bodi). Sedangkan untuk urusan mesin, New Rush menggunakan mesin Toyota Veloz yang bertipe IL, 4 silinder 16 valve, DOHC, dan dual VVT-i. Mesin berkapasitas 1.500 cc ini mempunyai tenaga maksimum 104 ps per 6.000 rpm dengan torsi maksimum 13,9 kgm per 4.200 rpm.

"Dibandingkan kembarannya, Daihatsu Terios, New Rush tampil lebih canggih," ujarnya.

Dimintai konfirmasinya, Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, mengaku belum mempunyai informasi soal waktu peluncuran New Rush.

"Kalau ada informasi pasti saya informasikan kepada Anda duluan," ujarnya.

Berdasarkan pengalaman peluncuran mobil kembar ala Toyota-Daihatsu, biasanya peluncuran New Rush akan diikuti oleh New Terios. Jika New Rush dilakukan pada pagi hari, biasanya New Terios diluncurkan siang atau sorenya di hari sama. Soal peluncuran New Terios, pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM) enggan mengonfirmasikan ihwal tanggal peluncuran.

"Seperti yang sudah disampaikan direktur kami, New Terios akan diluncurkan akhir tahun ini," ucapnya.

Berdasarkan data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari-Agustus 2017, penjualan Rush tercatat 14.841 unit, sedangkan Terios lebih rendah lagi penjualannya, hanya 8.871 unit.

Di segmen low SUV yang memiliki total penjualan 64.281 unit, merek yang menguasai adalah Honda. Di segmen ini, Honda perkasa lewat dua model, yakni HR-V 1.5 dan BR-V. Keduanya mencatat penjualan masing-masing dengan 23.519 unit dan 12.568 unit. [ega]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini