Mengintip perakitan truk mewah Mercedes-Benz di Bogor

Rabu, 30 Agustus 2017 10:53 Reporter : Syakur Usman
Perakitan Truk Mewah Mercedes-Benz di Bogor. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Mercedes-Benz selama dikenal sebagai pabrikan kendaraan penumpang mewah di Indonesia. Pabriknya di Wanaherang, Bogor, sudah pandai merakit sedan-sedan premium mulai dari C Class hingga S Class. Kini, pabrik Wanaherang bertambah fasilitasnya sebagai perakit kendaraan niaga alias truk. Perakitan baru ini disiapkan sejak 2 tahun lalu di pabrik yang dibangun pada 1970-an.

Pabrik truk ini memiliki 10 stasiun pengerjaan dengan kapasitas produksi tujuh unit per hari, dengan takt time 1 jam 10 menit. Artinya, satu unit truk Mercedes-Benz Axor 2528 C selesai dirakit menjadi model utuh butuh waktu 1 jam 10 menit. Meski pabrik Wanaherang ini kalah canggih dengan pabrik Mercedes-Benz truk di India dan Jepang, yang patut diapresiasi pabrik ini sudah memenuhi standar global Mercedes-Benz. Man power-nya sudah 100 orang yang akan ditingkatkan menjadi 300 orang dengan komponen lokal hingga 30 persen dari 100 pemasok lokal.

Perakitan Truk Mewah Mercedes-Benz di Bogor ©2017 Merdeka.com

Perakitan Truk Mewah Mercedes-Benz di Bogor ©2017 Merdeka.com

Perakitan Truk Mewah Mercedes-Benz di Bogor ©2017 Merdeka.com


Pabrikan perakitan senilai Rp 325 miliar ini juga memiliki fasilitas pengetesan kendaraan, setelah selesai dirakit. Total ada 10 pengetesan, termasuk tes sasis, pengereman, speedometer, dan shower test untuk mengetahui adanya kebocoran atau tidak. Setelah itu dilakukan tes jalan, penyelarasan roda, uji slip samping, uji asap dan bidikan lampu depan. Jika semua proses quality conttrol (QC) oke, truk siap dikirim ke diler. [ega]

Topik berita Terkait:
  1. Mercedes Benz
  2. Truk
  3. Otomotif
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.