Meluncur Kamis ini, All New Rush dan Terios lawan keras HR-V dan BR-V

Selasa, 21 November 2017 08:47 Reporter : Syakur Usman
Meluncur Kamis ini, All New  Rush dan Terios lawan keras HR-V dan BR-V All New Toyota Rush 2017. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Akhirnya jadwal peluncuran All New Toyota Rush dan Daihatsu Terios terkuak secara resmi. Seperti yang pernah ditulis kanal Oto di Merdeka.com, peluncuran mobil kembar ala Toyota-Daihatsu di segmen low sport utility vehicle (SUV) akan dilakukan pada Kamis, 23 November tahun ini. Demikian undangan yang diterima Merdeka.com pada hari ini (20/11).

Seperti kebiasaan kedua merek otomotif itu, All New Rush akan meluncur lebih dulu di satu hotel di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Sedangkan All New Terios 'mengalah' dengan meluncur lebih siang di hotel kawasan Jakarta Pusat. Total 11 tahun publik harus menunggu kelahiran generasi kedua mobil kembar low SUV ini.

Lepas soal lamanya kelahiran generasi kedua Rush-Terios, Toyota dan Daihatsu memang harus bergegas meluncurkan All New Rush dan Terios. Sebab sejak Honda 'menelurkan' model baru di segmen Rush-Terios, yakni HR-V 1.5 dan BR-V, penjualan Rush dan Terios kontan menurun. Mobil kembar ala Toyota-Daihatsu ini tidak lagi merajai segmen low SUV.

Lihat saja data penjualan dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari-Oktober tahun ini. Di sana disebutkan, penjualan Rush tercatat 17.888 unit, sedangkan Terios lebih rendah penjualannya, hanya 9.873 unit. Di segmen low SUV yang memiliki total penjualan 79.069 unit itu, Honda perkasa lewat HR-V 1.5 dan BR-V. Keduanya mencatat penjualan masing-masing 28.468 unit dan 17.415 unit. Jadi total Honda di segmen low SUV adalah 45.883 unit alias menguasai pasar sebesar 58 persen.

Informasi yang dihimpun Merdeka.com, All New Rush sarat fitur canggih. Sedangkan All New Terios, seperti biasa, fiturnya sedikit di bawah All New Rush. Varian TRD masih dipertahankan di All New Rush.

Yang hilang dari kedua mobil kembar itu adalah posisi ban cadangan di belakang yang mirip 'konde'. Kini, ban belakang diletakkan bagian bawah seperti kebanyakan mobil, otomatis All New Rush dan Terios tanpa konde!

Jadi kehadiran All New Rush dan Terios tahun ini, meski publik harus menunggu 11 tahun, merupakan upaya nyata Toyota dan Daihatsu merebut kembali gelar rajanya low SUV di Indonesia! [ega]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini