LG dan Luxoft Kembangkan webOS Auto untuk Pengalaman Berkendara Digital

Senin, 13 Januari 2020 11:53 Reporter : Syakur Usman
LG dan Luxoft Kembangkan webOS Auto untuk Pengalaman Berkendara Digital LG Electronics jalin kerja sama dengan Luxoft. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Raksasa elektronik dunia, LG Electronics (LG), mengumumkan kemitraan baru dengan Luxoft, dalam pameran Consumer Electronics Show (CES) 2020 yang baru saja usai di Las Vegas, Amerika Serikat, kemarin. Luxoft adalah sebuah perusahaan di bawah DXC Technology, untuk pengembangan webOS Auto. Kerja sama pengembangan platform pintar LG ini berkaitan dengan perluasannya sebagai sistem yang siap produksi.

“Kemitraan ini bertujuan memperkuat platform IVI otomotif LG yang sekaligus mempercepat hadirnya kendaraan yang terhubung dengan peningkatan teknologi,” ujar Dr I P Park, Presiden dan CTO LG Electronics, dalam siaran persnya.

Bertindak mewakiliki LG adalah I P Park, sementara perwakilan Luxoft yaitu Dmitry Loschinin, Executive Vice President DXC Technology, yang juga CEO Luxoft.

Dalam kerja sama ini, kedua pihak sepakat mendirikan pusat kerja di Santa Clara, California, yang akan mulai beroperasi pada kuartal pertama tahun ini.

Beberapa hal utama yang akan melingkupi kerja sama ini antara lain LG dan Luxoft meningkatkan pengembangan ruang kemudi digital yang siap produksi, sektor hiburan dalam kendaraan termasuk hiburan pada bangku belakang, dan sistem berkendara berbasis platform webOS Auto. Kerja sama ini menargetkan berbagai fokus upaya tersebut hingga pada tahap ketersediaannya bagi produsen otomotif, operator armada hingga penyedia layanan berbagi mobilitas.

Sistem operasi webOS semula lebih dikenal lewat TV pintar LG dengan memberikan pengalaman unik yang mengubah interaksi pengguna lebih dari 70 juta unit TV pintar LG di seluruh dunia. Dengan memanfaatkan pengalaman dan keahliannya ini, kehadiran webOS Auto menjadi upaya LG dalam memperluas pengalaman interaksi lebih baik pada kendaraan dan pengguna.

1 dari 1 halaman

Teknologi berkendara digital

Dalam pengembangannya kelak, webOS Auto akan menyediakan dukungan fitur, fungsionalitas, dan menggabungkan berbagai komponen penting untuk pengalaman berkendara lebih baik. Termasuk pemrosesan multimedia, kontrol multi layar, konektivitas, keamanan yang dibuat untuk meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi pengemudi dan penumpang.

Dmitry Loschinin, CEO Luxoft, mengatakan kemitraan ini akan memperkuat kemampuan Luxoft dalam desain, pengembangan, dan penyediaan ruang kemudi digital pada skala besar. Di sisi lain, kerja sama ini juga mengembangkan solusi mobilitas terhubung berbasis platform yang terbuka.

Kombinasi kekuatan yang dimiliki LG dan Luxoft akan menciptakan sinergi sangat berharga untuk menyebarkan platform webOS Auto yang memberi pengalaman berkendara digital bagi skala konsumen sekaligus pula produsen otomotif dan para mitra utama mereka, ujar Dmitry.

[sya]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini