Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kompetisi Modifikasi Kendaraan Roda Tiga Listrik Gelis Hadir di IMX 2020

Kompetisi Modifikasi Kendaraan Roda Tiga Listrik Gelis Hadir di IMX 2020 Kompetisi modifikasi kendaraan roda tiga listik Gelis 2020. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI mendukung pertumbuhan industri modifikasi kendaraan di dalam negeri. Bersama National Modificator & Aftermarket Association (NMAA), Kemenperin sedang mendorong industri modifikasi Indonesia bertaji di negeri sendiri.

“Gelis Tuner Competition” adalah salah satu kegiatan yang didorong Kemenperin bersama PT Solar Panel Indonesia (SPI), produsen kendaraan roda tiga listrik bermerek Gelis.

“Gelis yang 100 persen berpenggerak motor listrik berbasis sumber daya listrik dari baterai, merupakan implementasi amanah Perpres No 55 tahun 2019 untuk percepatan kendaraan listrik di jalan raya. Gelis akan memenuhi kebutuhan kalangan masyarakat luas, menyentuh level grass root untuk turut serta merasakan sensasi teknologi kendaraan listrik yang efisien, harga terjangkau, dan ramah lingkungan untuk kegiatan usaha produktif. Introduksi Gelis sekaligus menjadi media kreativitas bagi modifikator, demi mewujudkan talentanya dan pengembangan komponen dan parts,” kata Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin RI, dalam rilisnya, kemarin.

"Gelis Tuner Competition” merupakan kompetisi adu gagasan untuk memodifikasi kendaraan roda tiga listrik Gelis. Dalam kegiatan ini, dipilih tiga modifikator terbaik yang masing-masing memiliki keahlian di bidangnya.

Para peserta ditantang untuk membuat konsep modifikasi kendaraan Gelis, dengan mengedepankan unsur entrepreneurship atau fungsi yang sejalan dengan jenis usahanya, tanpa mengesampingkan tampilan kendaraan yang menarik.

Ketiga modifikator (tuner) tersebut adalah Marco Chendra, workshop cat merek Raptor dan builder kendaraan offroad; Yomin Sugianto, workshop spesialis lampu dan estetika eksterior Yoong Motor; dan Aldhy Rais, workshop spesialis velg dan lifestyle HSR.

“Gelis, kependekan dari gerobak listrik, kami ciptakan sebagai kendaraan niaga berbasis energi listrik terbarukan. Kendaraan ini ramah lingkungan, mudah digunakan, dan tidak membutuhkan perhatian khusus dalam hal perawatan," ujar Ary Tjahyono, Chief Marketing Officer PT Solar Panel Indonesia.

Menurutr Ary, layanan purnajual Gelis yang selalu tersedia untuk memberikan kepuasan kepada para pelanggan. Penciptaan Gelis didorong keinginan dan harapan kami untuk bisa membantu para pedagang UMKM meningkatkan taraf ekonominya dengan mobilitas yang lebih luas jangkauannya. Karena mereka tidak perlu lagi mendorong gerobak dengan tenaga sendiri.

Kami berterima kasih kepada Kemenperin RI dan NMAA yang mendukung keberadaan dan pengembangan Gelis sebagai produk nasional.

Ketiga modifikator telah menerima kendaraan Gelis berjenis DC motor 800W, termasuk uang tunai Rp 15 juta yang menjadi nilai modifikasi yang akan dikerjakan.

Hasil Modifikasi Gelis Diluncurkan di IMX 2020

kompetisi modifikasi kendaraan roda tiga listik gelis 2020

©2020 Merdeka.com

Nantinya, ketiga karya modifikasi kendaraan roda tiga listrik tersebut akan diluncurkan pada pameran Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 - Hybrid Event, 10 Oktober mendatang. Mereka akan memperebutkan kategori bergengsi, yaitu piala Menteri Perindustrian RI.

“Kami akan suguhkan satu lagi tontonan menarik dengan kehadiran tiga Gelis modifikasi pada IMX 2020, yang diselenggarakan secara online. Kami di NMAA sangat mengapresiasi langkah Kemenperin dan PT Solar Panel Indonesia melalui ‘Gelis Tuner Competition’ ini. Mengingat lewat kompetisi tersebut secara tersirat memunculkan karakter industri modifikasi Tanah Air yang selalu berkolaborasi,” pungkas Andre Mulyadi, NMAA founder sekaligus IMX Project Director.

Di IMX 2020 nanti, kendaraan Gelis karya masing-masing modifikator akan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari beberapa unsur. Seperti Kemenperin, perwakilan SPI, Kemenhub, dan NMAA. Kendaraan tersebut dinilai berdasarkan unsur-unsur yang mendukung kewirausahaan, keselamatan, dan keamanan untuk di jalan raya, serta penampilan.

(mdk/sya)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Pameran IMX 2024 Pindah Haluan ke ICE-BSD City, Siap Digelar 4-6 Oktober

Pameran IMX 2024 Pindah Haluan ke ICE-BSD City, Siap Digelar 4-6 Oktober

Pameran modifikasi otomotif, Indonesia Modification Expo (IMX) 2024 digelar di Jakarta, kemarin (10/1).

Baca Selengkapnya
Dewa 19 dan Kahitna Meriahkan IIMS 2024, Pesertanya Lebih 23 Merek Otomotif

Dewa 19 dan Kahitna Meriahkan IIMS 2024, Pesertanya Lebih 23 Merek Otomotif

Dyandra Promosindo umumkan deretan program pendukung di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 15 - 25 Februari 2024 di JIExpo Kemayoran.

Baca Selengkapnya
Lebih dari 180 Brand Siap Ikuti Indonesia International Motor Show 2024

Lebih dari 180 Brand Siap Ikuti Indonesia International Motor Show 2024

IIMS 2024 siap digelar dan menandai kemajuan yang signifikan dalam pertumbuhan positif industri otomotif di Indonesia.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
FOTO: Deretan Kendaraan Baru Mejeng di Pameran Otomotif Bergengsi IIMS 2024 di JIExpo Kemayoran

FOTO: Deretan Kendaraan Baru Mejeng di Pameran Otomotif Bergengsi IIMS 2024 di JIExpo Kemayoran

Pameran otomotif IIMS 2024 berlangsung 15-25 Februari 2024.

Baca Selengkapnya
Daftar Mobil dan Motor Terbaik 2023 versi Forwot, termasuk Mobil Legendaris Indonesia

Daftar Mobil dan Motor Terbaik 2023 versi Forwot, termasuk Mobil Legendaris Indonesia

Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) merilispara pemenang setiap kategori Forwot Cars dan Motorcycle of the Year 2023, kemarin.

Baca Selengkapnya
Jual Rokok Ketengan Bakal Dilarang, Apindo: Timbulkan Kegelisahan di Industri Tembakau

Jual Rokok Ketengan Bakal Dilarang, Apindo: Timbulkan Kegelisahan di Industri Tembakau

Sejumlah pedagang sembako juga menolak rencana pelarangan penjualan rokok eceran atau ketengan.

Baca Selengkapnya