Kia Indonesia: Pasokan Seltos dari India Aman di April, tapi Stok Mobil Terbatas

Kamis, 16 April 2020 12:00 Reporter : Syakur Usman
Kia Indonesia: Pasokan Seltos dari India Aman di April, tapi Stok Mobil Terbatas All New Kia Seltos meluncurkan di Jakarta. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Kreta Indo Artha (KIA), agen pemegang merek mobil Kia di Indonesia, mengaku 80 unit SUV Kia Seltos yang menjadi stoknya selama April ini. Namun, jumlah stok ini sesuai dengan jumlah inden dari para pemesan SUV kompak ini.

Ario Soerjo, Marketing and Development Division Head KIA, menjelaskan pada bulan lalu (Maret), jumlah stok Seltos di Indonesia mencapai 130-140 unit. Namun, jumlah stok itu sudah didistribusikan kepada para konsumen yang memesan sejak akhir Januari lalu.Secara umum, stok Kia Indonesia terbatas.

"Pada April ini, kami akan menerima kiriman 80 unit Kia Seltos dari India. Jumlah ini sesuai dengan jumlah indennya. Saat ini stok mobil Kia di Indonesia terbatas, sehingga begitu ada unit baru yang datang dari India atau Korea, secepatnya kami distribusikan kepada para pemesannya," ujar Ario pada Rabu malam (15/4).

Saat ini mobil Kia di Indonesia diimpor secara utuh dari India dan Korea Selatan. Model SUV Seltos diimpor dari India, sedangkan model lain seperti Kia Carnival diimpor dari Korea Selatan.

Pasokan dari Korea Selatan hingga kini tidak ada masalah, karena kiriman dari Korea tidak setiap bulan. Sedangkan kiriman dari India berpotensi masalah, karena pemerintah India sedang melakukan lockdown sejak awal April ini, akibat pandemi Covid-19.

Potensi Gangguan Pasokan Seltos dari India

Terkait potensi gangguan pasokan Seltos dari India , Ario mengatakan, pasokan sebelum lockdown aman, karena kapal sudah jalan sebelum India lockdown. Namun, untuk pasokan di bulan depan (Mei), pihaknya masih menunggu sampai pemerintah India resmi memnghentikan lockdown dan membuka negaranya.

"Jadi pasokan Seltos bulan depan, kami tunggu kelonggaran dari India. Jadwal lockdown di India sampai 3 Mei, jadi kemungkinan pengapalan berikutnya di pekan pertama Mei," ujarnya.

Menurutnya, kondisi tersebut diharapkan tidak berdampak besar terhadap stok unit Seltos di Indonesia. Apalagi kondisi pasar mobil juga sedang lesu pasca-pandemi Covid-19, sehingga volume permintaan cenderung turun.

Jadi harapan kami antara volume pasokan dan permintaan bisa seimbang di tengah pandemi ini. Jangan sampai jumlah pasokan atau stok berlebihan di masa seperti ini.

Atas dasar itu, Aryo memperkirakan stok mobil Kia di Indonesia yang ada cukup hingga periode hari raya Idul Fitri tahun ini. Setelah itu, sambil melihat kondisi pasar otomotif bila pandemi betul-betul berakhir Indonesia, pihaknya akan memperhitungkan kembali stoknya.

Baca Selanjutnya: SUV Kompak Seharga Rp 295-355...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini