KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Kalah dari Toyota, Honda Indonesia tak menyerah di pasar MPV

Rabu, 11 Januari 2017 07:04 Reporter : Syakur Usman
New Honda Mobilio 2017. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Honda Indonesia mencetak rekor penjualan tertinggi di industri otomotif republik ini pada 2016 dengan volume 199.364 unit. Segmen sport utility vehicle (SUV) menjadi wahana Honda berjaya dengan total penjualan 90.850 unit. Pangsa pasarnya masih yang terbesar di segmen SUV, sekitar 48,2 persen, berkat model Honda BR-V, HR-V, dan CR-V.

Sayangnya, Honda agak keteter di segmen multipurpose vehicle (MPV). Di segmen ini rajanya adalah Toyota Indonesia. Per Januari-Oktober 2016, penjualan mobil MPV Toyota mencapai 197.036 unit atau memiliki pangsa pasar 55,3 persen. Dominannya Toyota di segmen MPV berkat model mobil yang semakin lengkap. All New Toyota Kijang Innova, All New Toyota Sienta, dan Astra Toyota Calya adalah tiga model baru Toyota di segmen MPV sepanjang 2016.

Apa pandangan Honda Indonesia soal dominasinya di segmen SUV, tapi melempem di segmen MPV?

"Pasar Indonesia memang membutuhkan mobil SUV, dan akan menjadi tren terus," kata Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor, pada Merdeka.com, soal strateginya fokus di segmen SUV, baru-baru ini.

Honda juga sudah menyiapkan strategi lain, setelah berhasil memimpin di pasar mobil SUV. Pabrikan otomotif asal Jepang ini tidak akan menyerah di segmen MPV, di tengah dominasi Toyota.

"Bertahap lah (strateginya), tapi ngak ada di kamus Honda Indonesia menyerah," ujar dia.

Strategi ini dibuktikan Honda Indonesia di awal 2017, dengan meluncurkan model baru pada Kamis ini (12/1). Santernya, model baru Honda di awal tahun ini adalah New Honda Mobilio, yang berada di segmen MPV. New Honda Mobilio ini akan dipamerkan ke publik mulai Jumat (13/1) di salah satu mal di Jakarta Barat. [ega]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.