Jaringan Bengkel Astra Motor Siap Tampung Lulusan SMK Binaan AHM

Senin, 17 Desember 2018 16:17 Reporter : Syakur Usman
Jaringan Bengkel Astra Motor Siap Tampung Lulusan SMK Binaan AHM kerja sama AHM dengan SMK 3 Tanjung Selor. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Program PT Astra Honda Motor berupa implementasi kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) di sekolah menengah kejuruan (SMK) bukanlah omong kosong. Terbukti para lulusan SMK di jurusan TBSM ditampung oleh jaringan bengkel Honda di bawah Astra Motor, seperti yang dilakukan Astra Motor HSO Balikpapan.

Darma Wijaya, Region Head Astra Motor HSO Balikpapan, mengungkapkan pihaknya mendukung sejak program ini digagas pada 2010. Di wilayah kerjanya yang meliputi 8 wilayah di provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, Astra Motor HSO Balikpapan sudah menampung sekitar 20 persen lulusan SMK dari seluruh mekaniknya di 30 bengkelnya.

"Total mekanik kami 130 orang, sekitar 20 persen atau 26 orang adalah lulusan SMK dari jurusam TBSM," ujar Darwa yang dijumpai saat penandatanganan kerja sama implementasi kurikulum TBSM di SMKN 3 Tanjung Selor, Kalimantan Utara, pekan lalu (13/12).

Dalam kerja sama itu, main dealer Astra Motor Balikpapan menjadi pendamping utama untuk implementasi kurikulum TBSM itu. SMKN 3 Tanjung Selor melengkapi 41 SMK mitra binaan Astra Honda Motor di seluruh Pulau Kalimantan dan menjadi bagian dari 686 SMK TBSM Astra Honda di seluruh Indonesia.

Darma menegaskan komitmennya untuk menyerap lulusan SMK yang mengimplementasikan kurukilum TBSM termasuk lulusan SMKN 3 Tanjung Selor yang baru bekerja sama dengan AHM. Karena potensial wilayah Tanjung Selor.

"Wilayah Tanjung Selor potensial untuk jasa bengkel sepeda motor Honda, karena selama ini kami lihat pengguna Honda di pinggiran Tanjung Selor harus menempuh jarak jauh untuk memperbaiki sepeda motornya," ujarnya.

kerja sama AHM dengan SMK 3 Tanjung Selor ©2018 Merdeka.com

Wistoro, Kepala Sekolah SMKN 3 Tanjung Selor, mengaku senang bisa bekerja sama dengan AHM untuk implementasi kurikulum TBSM. Sebab sekolahnya bisa mendapat teknologi terbaru dari produsen Honda.

"Ada sinkronisasi antara kurikulum nasional dan kurikulum TBSM dari AHM. Sehingga para lulusan kami punya skill, siap kerja, dan bisa membuka peluang usaha pula," ucapnya.

SMKN 3 Tanjung Selor mendapat donasi dua unit sepeda motor; Honda CBR150R dan Scoopy Pop untuk bisa menerapkan kurikulum tersebut. Kemudian special tools praktik bengkel dan modul pendukung pembelajaran untuk pengembangan pendidikan vokasi di Kalimantan Utara.

AHM juga memberikan bantuan pengembangan vokasi industri, antara lain penyelarasan kurikulum, penyediaan praktik kerja industri siswa, pelatihan dan sertifikasi guru, serta pengukuran kualitas SMK lewat supervisi dan kontestasi ketrampilan teknik siswa.

Demi meningkatkan kualitas dan daya saing SDM di dunia pendidikan, AHM bersama jaringan main dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia melakukan berbagai pelatihan, sertifikasi, dan uji kompetensi yang ditujukan kepada guru produktif dan peserta didik. Semua ini dilakukan secara berkelanjutan dan intensif. Materinya pun diperbarui sesuai dengan perkembangan teknologi dan tren bisnis. [sya]

Topik berita Terkait:
  1. Profile Bengkel
  2. Motor Honda
  3. Berau
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini