Isuzu Motor dan Volvo Group Jalin Aliansi Strategis, serta Rencana Akuisisi UD Trucks

Senin, 23 Desember 2019 09:00 Reporter : Syakur Usman
Isuzu Motor dan Volvo Group Jalin Aliansi Strategis, serta Rencana Akuisisi UD Trucks Isuzu Indonesia merilis new gia tractor head. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Volvo Group (Swedia) dan Isuzu Motor (Jepang) meneken nota kesepahaman (MoU) untuk menjalin aliansi strategis dalam bisnis kendaraan komersial untuk menangkap potensi pasar dalam industri yang terus melakukan transformasi ini.

Di tahap pertama, kedua pabrikan berencana membangun kemitraan teknologi dan menciptakan bisnis truk heavy-duty yang lebih kuat bagi Isuzu dan UD Truckd baik di pasar Jepang maupun pasar internasional. Kemitraan ini juga akan mengarah pada pengalihan kepemilikan bisnis UD Trucks secara global dari Volvo Group ke Isuzu.

Dalam rilis di laman Isuzu jepang dikatakan, kemitraan ini salling melengkapi antar-kedua kelompok usaha baik secara perspektif kewilayahan maupun lini produk dengan potensi yang bisa dikembangkan lagi.

Prinsipnya, alinasi strategis antara Volvo Group dan Isuzu Motors ini meliputi beberapa hal:

1. Membentuk kemitraan teknologi

2. Menciptakan kondisi jangka panjang terbaik bagi bisnis truk heavy-duty untuk UD Trucks dan Isuzu Motors di Jepang dan pasar internasional

3. Menjelajah beragam potensi untuk kolaborasi lebih dalam dan luas di bisnis kendaraan komersial secara lintas batas kewilayahan dan lini produk termasuk truk light duty dan medium-duty.

1 dari 1 halaman

Perjanjian mengikat rampung medio 2020

"Volvo Group dan Isuzu Motors memiliki relasi yang sangat mapan di truk medium duty dengan dasar kemitraan kuat, alih kepemilikan saham, dan spirit menang-menang. Kami melihat potensi besar untuk memperluas kerja sama di teknologi, penjualan, dan servis seperti area lainnya di masa mendatang, yang bermanfaat bagi kustomer dan mitra bisnis kami," kata Martin Lundstedt, Presiden dan CEO Volvo Group.

Menurutnya, kolega kami di UD Trucks telah melakukan pekerjaan dengan baik untuk meningkatkan kinerja di beberapa tahun terakhir dan aliansi ini membuka potensi besar untuk melanjutkan kesuksesan lebih besar lagi.

"Isuzu Motors dan Volvo Group sangat percaya adanya peluang bisnis dan sinergi yang potensial antarkelompok usaha. Kami bermaksud untuk mendapat seluruh nilai dari spesialis masing-masing yang lintas produk dan wilayah. Kolaborasi kami akan berkontribusi aktiif untuk improvisasi layanan dan memperkuat tingkat kepuasan pelanggan sambil menyiapkan diri kami terhadap revolusi logistik masa depan," kata Masanori Katayama, Presiden dan Representative Director Isuzu Motors Limited.

Tahap berikutnya dari MoU ini adalah melakukan finalisasi dan due diligence oleh Isuzu Motors, serta negosiasi perjanjian yang mengikat. Penandatangan perjanjian mengikat ditargetkan pada pertengahan 2020 dan penutupan transaksi diharapkan pada akhir 2020.

[sya]
Topik berita Terkait:
  1. Isuzu
  2. Volvo
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini