Intip Inovasi dan Ekosistem Terbaru Kendaraan Listrik di Indonesia lewat IEMS 2022

Kamis, 29 September 2022 17:01 Reporter : Syakur Usman
Intip Inovasi dan Ekosistem Terbaru Kendaraan Listrik di Indonesia lewat IEMS 2022 Badan Riset dan Inovasi Nasional pamerkan ekosistem kendaraan listrik lewat event IEMS 2022.. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memamerkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia lewat acara Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022.

IEMS 2022 dibuka oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi di JCC-Senayan, Jakarta, kemarin (28/9). Pameran ini akan berlangsung hingga besok, Jumat (30/9), dan tanpa dipungut biaya alias gratis.

Pada IEMS ke-3 ini, BRIN mengajak berbagai pihak untuk menjadi bagian dari ekosistem yang akan mendorong inovasi dan pertumbuhan di bidang autonomous vehicle (AV) di Indonesia.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan, IEMS 2022 merupakan ajang sosialisasi tentang ekosistem kendaraan listrik, termasuk peran riset dan inovasi dalam pembangunan ekonomi dan sosial.

“IEMS 2022 salah satu bentuk dukungan BRIN bersama pemangku kepentingan dan produsen kendaraan listrik di Indonesia untuk menginformasikan perkembangan berbagai inovasi terbaru kendaraan listrik di Indonesia,” kata Handoko.

Menurut Handoko, pengembangan kendaraan listrik dilakukan untuk memenuhi Prioritas Riset Nasional (PRN) Kendaraan Listrik 2020-2024 dengan fokus pada penguasaan teknologi kunci kendaraan otonom. Seperti sistem deteksi obyek/sensor, sistem telekomunikasi, human to vehicle interaction, dan computer vision.

“Pengembangan kendaraan listrik di era sebelumnya difokuskan pada penguasaan teknologi komponen kunci, seperti motor listrik, baterai, control system/power electronics, platform, dan charging system,” jelasnya.

IEMS menjadi ajang untuk memperluas jaringan dengan periset kendaraan listrik dan para pengambil keputusan. Sebab para pakar saling berbagi ilmu dan pengetahuan melalui seminar dan talkshow.

IEMS 2022 diikuti sekitar 50 peserta pameran. Antara lain PT Gading Putera Samudera (Moderntec), PLN, PT Volta Indonesia Semesta, PT Nissan Motor Distributor Indonesia, PT Qualis Indonesia, Ikatan Motor Indonesia (IMI), PT SGMW Sales Indonesia (Wuling Motors), PT Indonesia Battery Corporation, PT Davigo Artha Luas, PT Dharma Polimetal Tbk, dan PT Astra Honda Motor. Kemudian Bank BNI, BASF, Astra Otoparts Tbk, dan sebagainya.

[sya]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini