Ini alasan New Isuzu Mu-X 4x4 tampil 'sederhana'

Kamis, 3 Agustus 2017 14:34 Reporter : Syakur Usman
Ini alasan New Isuzu Mu-X 4x4 tampil 'sederhana' Isuzu New mu-X. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - New Isuzu mu-X memiliki varian baru yakni berpenggerak 4 roda atau 4x4. Ini varian pertama di pasar Indonesia bagi mobil segmen medium SUV yang baru diluncurkan di Jakarta, kemarin.

Apa alasan Isuzu Indonesia masuk ke pasar 4x4 yang terbatas?

Attias Asril, Marketing Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia, mengungkapkan new Isuzu mu-X varian 4x4 merupakan varian terendah dari new Isuzu mu-X yang dilansir di semester kedua tahun ini. Varian ini dikembangkan untuk kebutuhan kendaraan operasional di sektor pertambangan, seperti batu bara. Maka itu, varian 4x4 ini memiliki tampilan paling sederhana dengan fitur-fitur standar dari dua varian lain; royale dan premiere.

"Varian 4x4 ditawarkan untuk operational site sehingga lebih menonjolkan tenaga dan kemampuan, bukan fitur-fitur seperti yang ditawarja varian Royale dan Premiere," ujar Attias Asril, di sela acara peluncuran new Isuzu mu-X di Jakarta, Selasa (2/8).

Isuzu New mu-X masih mengusung mesin Turbo Diesel Isuzu 4JK1-TC, 2.5L berteknologi Direct Fuel Common Rail bertekanan tinggi. Kemampuan tenaganya sebesar 136 ps dan torsi maksimum 32,6 Kgm. Untuk versi terbaru ini didukung system Turbocharge Intercooled VGS (Variable Geometry System). Inilah yang membuat performa Isuzu New mu-X dapat lebih diandalkan untuk menunjang segala aktivitas pemiliknya termasuk aktivitas off-road.

Sayang, Isuzu Indonesia belum berani merilis harganya, karena baru diumumkan dalam pameran GIIAS, 10 Agustus nanti.

Selain untuk kendaraan operasional tambang, kata dia, varian 4x4 ini juga pas untuk segmen hobi yang gemar memodifikasi kendaraannya. Diimpor secara compelty built-up (CBU) dari Thailand, Isuzu menilai kebutuhan terhadap kendaraan 4x4 di sektor tambang terus meningkat, setelah sektor ini mengalami recovery sejak akhir tahun lalu. Tren ini terus meningkat sampai semester pertama tahun ini.

"Sejak akhir tahun lalu, kebutuhan kendaraan operasional 4x4 tumbuh double digit. Kami menawarkan new mu-X varian 4x4 agar sinergis dengan produk eksisting 4x4 Isuzu lainnya seperti D-Max," ucapnya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan mobil segmen 4x4 di periode Januari-Juni tahun ini mencapai 1.782 unit. Volume ini lebih rendah dari periode sama tahun lalu.

Sementara hingga akhir tahun ini, Isuzu Indonesia menargetkan total penjulan lebih dari 25 ribu unit. Kendaraan komersialnya berkontribusi 60 persen, sedangkan kendaraan penumpang 40 persen. [ega]

Topik berita Terkait:
  1. Isuzu
  2. Isuzu MU X
  3. Mobil Baru
  4. Otomotif
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini