Honda akan Stop Jualan Civic Sedan di Jepang, Bagaimana di Indonesia?

Senin, 29 Juni 2020 10:10 Reporter : Syakur Usman
Honda akan Stop Jualan Civic Sedan di Jepang, Bagaimana di Indonesia? All New Honda Civic Turbo di IIMS 2016. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Pabrikan otomotif global asal Jepang, Honda, akan menghentikan penjualan model Honda Civic sedan di pasar domestik Jepang, akibat lemahnya permintaan terhadap model ini. Pada tahun fiskal terakhir, Honda Civic sedan hanya terjual 1.619 unit.

Dikutip dari autocarindia.com, meski penjualan versi sedan akan dihentikan, merek Civic akan terus digunakan oleh Honda, setidaknya pada versi hatchback lima pintu. Model mobil sport Honda Civic Type R juga akan terus menggunakan nama ini. Kedua model ini akan tetap dijual di Jepang hingga akhir siklus hidupnya masing-masing.

Honda Civic yang bereda di pasar saat ini adalah generasi ke-10 yang dirilis pada 2016 silam. Model ini mendapat penyegaran pada dua tahun lalu. Honda Civic sedan pertama kali diperkenalkan di dunia pada 1972. Nama Civic memiliki sejarah panjang di Jepang dan beberapa pasar internasional.

Namun, nasib Civic sedan di Indonesia belum jelas apakah seperti pasar Jepang. Yang jelas di Indonesia, Civic memiliki banyak varian mulai dari versi sedah, hatchback, hingga Type R.

1 dari 1 halaman

Honda Civic hanya Laku 174 Unit per Mei

Untuk pasar Indonesia, model Civic diimpor secara utuh dari Thailand. Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo) per Mei tahun ini, All New Civic terjual 174 unit saja.

All New Honda Civic Turbo dirilis di Indonesia pada April 2016 silam. Saat itu, mobil small sedan Honda ini dijual dengan dua tipe, yakni 1.5L ES yang dibanderol Rp 475,5 juta dan 1.5L ES Prestige Rp 478,5 juta .

All New Civic memiliki desain eksterior menarik dengan konsep 'Revolutionary Silhouette Advanced Neo Sedan'. Menggunakan full LED headlight, yang dilengkapi LED Daytime Running LED (DRL), grille berlapis krom, fog lamp, dan side position lamp di depan. Di buritan, tak kalah sporty-nya dengan desain lampu yang menyudut di kedua sisinya, dikombinasikan LED Light Bars, dan dual exhaust pipe.

Dapur pacunya menggunakan mesin 1.5L VTEC Turbo dengan teknologi Earth Dreams, menghasilkan tenaga maksimal 173 ps pada 5.500 rpm dan torsinya 220 nm pada rentang putaran 1.700-5.500 rpm. Mesin tersebut dikombinasikan dengan sistem transmisi otomatis CVT.

[sya]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini