Heboh, Bos Renault-Nissan-Mitsubishi Carlos Ghosn Ditangkap di Tokyo

Selasa, 20 November 2018 09:15 Reporter : Syakur Usman
Heboh, Bos Renault-Nissan-Mitsubishi Carlos Ghosn Ditangkap di Tokyo Carlos Ghosn. Reuters.com

Merdeka.com - Carlos Ghosn, orang nomor satu di aliansi otomotif global Renault-Nissan-Mitsubishi, dilaporkan ditangkap oleh pihak berwenang di Tokyo, Jepang, Senin (19/11). Penangkapan ini menghebohkan industri otomotif global.

Warga negara Perancis itu diduga melakukan pelanggaran keuangan. Penangkapan terhadap orang nomor satu aliansi strategis otomotif itu, menyusul tuduhan Nissan yang menemukan kesalahan serius Ghosn, termasuk penyalahgunaan dana perusahaan. Demikian dilansir Asia Nikkei, Selasa (20/11).

"Terlalu cepat untuk menceritakan realitas dan materialitas dari tuduhan tersebut. Namun, negara akan sangat waspada terhadap stabilitas aliansi dan kelompok, serta karyawan," jelas Presiden Prancis, Emmanuel Macron.

Sementara itu, Chief Executive Nissanl, Hiroto Saikawa meminta maaf kepada pelanggan, investor dan karyawan dan menyatakan kemarahan pihaknya atas dugaan pelanggaran itu.

"Selain menyesal, saya merasa sangat kecewa, frustrasi, putus asa, marah dan kesal," kata Saikawa.

Untuk diketahui, terkait tuduhan tersebut, Nissan melakukan investigasi, yang dipicu oleh laporan penyelidik internal. Dalam laporan tersebut, selain Ghosn, pelanggaran juga melibatkan Representative Director Nissan, Greg Kelly, selama beberapa bulan.

Penyelidikan menunjukkan, jika selama bertahun-tahun baik Ghosn maupun Kelly tidak melaporkan gaji yang sebenarnya. Selama lima tahun, hingga Maret 2015, Ghosn dibayar 10 miliar yen, tapi hanya melapor di bawah 5 miliar yen. Selain itu, terdapat indikasi kesalahan lainnya, yaitu penggunaan aset perusahaan dan penyalahgunaan dana perusahaan.

Sumber: www.liputan6.com

Reporter: Arief Aszhari [sya]

Topik berita Terkait:
  1. Nissan
  2. Mitsubishi
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini