Hebat, Astra Honda Bantu Lulusan SMK 3 Tanjung Selor Siap Kerja dan Wirausaha

Jumat, 14 Desember 2018 06:01 Reporter : Syakur Usman
Hebat, Astra Honda Bantu Lulusan SMK 3 Tanjung Selor Siap Kerja dan Wirausaha kerja sama AHM dengan SMK 3 Tanjung Selor. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Menciptakan lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) siap kerja sekaligus berjiwa kewirausahaan, PT Astra Honda Motor (AHM) mengimplementasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di SMKN 3 Tanjung Selor, Kalimantan Utara. Implementasi itu ditandai dengan penandatangan kesepakatan bersama di SMKN 3 Tanjung Selor, kemarin sore (13/12).

Penandatangan kerja sama itu, antara lain dihadiri oleh Ahmad Muhibbudin, General Manager Corporate Communication AHM; Wistoro, Kepala Sekolah SMKN 3 Tanjung Selor, dan Markus Budiman, Direktur HR,GA, IT, dan SI AHM.

Dalam kerja sama ini, main dealer Astra Motor Balikpapan menjadi pendamping utama untuk implementasi kurikulum TBSM itu. SMKN 3 Tanjung Selor melengkapi 41 SMK mitra binaan Astra Honda Motor di seluruh Pulau Kalimantan dan menjadi bagian dari 686 SMK TBSM Astra Honda di seluruh Indonesia.

SMKN 3 Tanjung Selor mendapat donasi dua unit sepeda motor; Honda CBR150R dan Scoopy Pop untuk bisa menerapkan kurikulum tersebut. Kemudian special tools praktik bengkel dan modul pendukung pembelajaran untuk pengembangan pendidikan vokasi di Kalimantan Utara.

kerja sama AHM dengan SMK 3 Tanjung Selor 2018 Merdeka.com

AHM juga memberikan bantuan pengembangan vokasi industri, antara lain penyelarasan kurikulum, penyediaan praktik kerja industri siswa, pelatihan dan sertifikasi guru, serta pengukuran kualitas SMK lewat supervisi dan kontestasi ketrampilan teknik siswa.

Markus Budiman, Direktur HR, GA, IT, dan SI AHM, menjelaskan implementasi kurikulum TBSM Astra Honda dijalankan secara bertahap sejak 2010. Ini upaya AHM berkontribusi aktif mendukung dunia pendidikan vokasi di bidang otomotif roda dua di seluruh Indonesia.

"Kami berupaya dan konsisten mengembangkan implementasi kurikulum TBSM Astra Honda, selaras dengan program link and match pemerintah. Harapannya, kompetensi otomotif roda dua generasi muda di seluruh Indonesia dapat semakin berkualitas dan bersama-sama memajukan negeri," ujar Markus saat dijummpai di SMKN 3 Tanjung Selor, kemarin sore.

Demi meningkatkan kualitas dan daya saing SDM di dunia pendidikan, AHM bersama jaringan main dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia melakukan berbagai pelatihan, sertifikasi, dan uji kompetensi yang ditujukan kepada guru produktif dan peserta didik. Semua ini dilakukan secara berkelanjutan dan intensif. Materinya pun diperbarui sesuai dengan perkembangan teknologi dan tren bisnis.

Ahmad Muhibbudin menambahkan, kurikullum TBSM berbasis kurikulum nasional 2013, tapi tahun ini ditambahkan muatan baru, yakni wirausaha. Materi yang diberikan antara lain manajemen perbengkelan, pemasaran, dan sebagainya.

"Harapannya, selain siap kerja, lulusan SMK ini siap pula menjadi wirausahawan di perbengkelan motor Honda," pungkasnya. [sya]

Topik berita Terkait:
  1. Motor Honda
  2. Pendidikan Vokasional
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini