Harga jual All New Daihatsu Terios masih sama di semester I, naik di semester II?

Senin, 21 Mei 2018 11:39 Reporter : Syakur Usman
Harga jual All New Daihatsu Terios masih sama di semester I, naik di semester II? All New Daihatsu Terios. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) belum mengevaluasi harga jual All New Terios yang dirilis sejak 4 Januari lalu. Di kuartal kedua tahun ini, harga jual All New Terios dipastikan sama alias tidak ada perubahan. Namun, ada kemungkinan harga jual All New Terios dievaluasi di semester kedua.

"Kalau Terios belum ada evaluasi (harga) sampai saat ini," ujar Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM kepada Merdeka.com, baru-baru ini.

Saat meluncurkan All New Terios, ADM melakukan strategi 'perang harga' di segmen low SUV dengan menjual All New Terios lebih murah di sebagian besar variannya. Dari total tujuh varian, ada lima varian termasuk varian tertinggi All New Terios, yang harganya lebih murah dibandingkan model lawas.

Lima varian tersebut mengalami penurunan harga jual bervariasi, mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 5 juta. Sedangkan dua varian lagi, harganya tidak naik alias tetap. Di segmen low SUV, All New Terios bersama kembarannya, Toyota Rush, bersaing dengan Honda BR-V, Honda HR-V 1.5, Suzuki SX4 X-Over, Chevrolet Trax, dan Nissan Juke 1.5 CVT.

Penelusuran Merdeka.com soal harga jual All New Terios menyebutkan, penetapan harga jual All New Terios yang lebih murah dari versi lawasnya karena dua pertimbangan. Pertama, ada masukan dari diler-diler Daihatsu. Kedua, harga jual All New Toyota Rush, yang tidak mengalami kenaikan, sehingga harga jual All New Terios harus ditetapkan lebih rendah dari All New Rush. Jika lebih mahal dari All New Rush, pangsa pasar All New Terios kemungkinan besar hancur.

"Masukan diler adalah harga tidak naik, karena pasar otomotif nasional tahun ini belum baik, akibat kebijakan leasing yang ketat lantaran performa kredit macet/NPL dari bank yang naik pula," ungkap seorang pemilik diler Daihatsu yang enggan disebut namanya kepada Merdeka.com, baru-baru ini.

Kata sumber ini, secara produk All New Terios bagus, meski baru diluncurkan sebelas tahun kemudian sejak generasi pertamanya diluncurkan di Indonesia pada 2006 silam. Namun, karena pasar otomotif belum pulih benar, maka perlu upaya menjaga pangsa pasar Daihatsu. All New Terios dengan harga lebih murah pun menjadi pilihan terbaik untuk menjaga pangsa pasar tersebut.

"Tapi Strategi perang harga di segmen low SUV ini bersifat sementara. Biasanya setiap enam bulan harga jual akan dievaluasi," ungkapnya.

Yang pasti, strategi turun harga All New Terios berhasil. Buktinya, menurut data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan All New Terios naik 92 persen menjadi 9.003 unit di periode Januari-April tahun ini dibandingkan periode sama tahun lalu.

Data lebih valid lagi datang dari retail sales ADM. Disebutkan, penjualan ritel All New Terios mencapai 9.518 unit alias berkontribusi 15 persen terhadap total penjualan Daihatsu hingga April tahun ini. Mobil low SUV ini juga menjadi kontributor keempat terbesar bagi Daihatsu, setelah Astra Daihatsu Sigra, Gran Max Pick Up, dan Daihatsu Xenia.

Best value
Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM, sebelumnya mengungkapkan alasan perseroan menurunkan harga Jual All New Terios adalah ingin menghadirkan Terios baru sebagai mobil dengan best value product di segmennya. Sebab strategi menurunkan atau mempertahankan harga jual, dilakukan tanpa mengurangi kualitas produknya, lantara kami terus melakukan perbaikan dalam proses kerja.

"Kami juga terus meningkatkan mutu, tapi dengan harga yang sama. Mottonya besok harus lebih baik dari hari ini," pungkasnya.

Meski menghadirkan kehebohan, ujar Amelia, Daihatsu pernah menurunkan harga jual saat model baru diluncurkan. Yakni saat meluncurkan New Sirion di segmen hatchback pada 2011.

"Waktu itu, kami menjual New Sirion lebih murah dari versi lama, yakni rentang harga Rp 139,5 juta - Rp 150,5 juta dari Rp 157,9 juta - Rp 171,9 juta. Cuma waktu itu tidak seheboh sekarang," kenang dia. [ara]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini