Garda Oto raih 'Net Promoter Customer Loyalty 2012'

Rabu, 12 Desember 2012 19:51 Sumber :
Garda Oto raih 'Net Promoter Customer Loyalty 2012' Garda Oto Raih Net Customer Loyalty 2012 (Foto: Tatan Rustandy)

Merdeka.com - Untuk ketiga kalinya, Garda Oto kembali meraih penghargaan Net Customer Loyalty 2012 untuk kategori asuransi mobil sejak pertama kali ajang ini diadakan pada 2010. Acara tahunan majalah SWA dan Hachiko sebagai Net Promoter Consultant ini dilaksanakan di Jakarta pada 10 Desember 2012.

Penghargaan diterima langsung Marketing Communication & PR Head Asuransi Astra, L. Iwan Pranoto. Berbeda dari tahun sebelumnya, survei Net Promoter Customer Loyalty kali ini melibatkan sebanyak 9.456 responden dari Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Makassar atau lima kali lebih banyak dari tahun sebelumnya yaitu 2.746 responden.

Net Promoter Customer Loyalty menggunakan metode Net Promoter Score (NPS) dalam penilaiannya. NPS bertujuan mendeteksi pelanggan yang benar-benar merasa puas sehingga merasa memiliki kencenderungan paling tinggi melakukan pembelian kembali.

Sementara survei Net Emotional Value (NEV) bertujuan mendeteksi pengalaman mana yang paling mengesankan (menyentuh emosi) sehingga memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Jika sebelumnya survei berhenti setelah menemukan nilai NPS, maka mulai tahun lalu ditambahkan mencari NEV untuk lebih memperkuat hasil.

Pertimbangannya, konsumen yang sekedar puas tidak akan merekomendasikan kepada orang lain karena kepuasan mereka baru sesuai dengan standar saja. Lain halnya dengan konsumen yang sangat puas, maka mereka akan membeli lebih sering bahkan bersedia berpromosi kepada orang lain.

Dari survei tersebut, Garda Oto mendapat NPS sebesar 12,09% atau excellent. Sementara untuk NEV, Garda Oto mendapat nilai 3,893. Skor yang didapat tersebut banyak dipengaruhi faktor Moment of Truth atau titik interaksi yang berbeda-beda terhadap produk dan layanan sebuah produk.

Melalui hasil riset ini, dapat dibuktikan bahwa hubungan antara perusahaan dan pelanggan yang tadinya bersifat transaksional bisa berubah menjadi emosional. Sehingga setiap perusahaan harus membangun hubungan emosional dengan pelanggan di setiap momen interaksi yang terjadi.

"Hal ini sudah sejak lama kami sadari. Untuk itulah kami selalu memastikan bahwa pelanggan mendapat layanan memuaskan dari front liner di lapangan maupun dari saluran lain tempat pelanggan berinteraksi dengan perusahaan seperti Garda Akses," ujar Iwan.

Kemenangan ini membuktikan bahwa para pelanggan Garda Oto memiliki tingkat loyalitas yang tinggi, sehingga bersedia merekomendasikan produk yang mereka gunakan kepada teman-temannya. "Hal ini tidak terlepas dari visi Asuransi Astra sendiri yaitu Bring peace of mind to millions," tutup Iwan.

(kpl/tr/bun)


Sumber: Otosia.com
Topik berita Terkait:
  1. Garda Oto
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini