Fokus ke Kualitas Pendidikan Vokasi, Astra Honda hanya Incar 10 SMK di 2019

Jumat, 14 Desember 2018 16:14 Reporter : Syakur Usman
Fokus ke Kualitas Pendidikan Vokasi, Astra Honda hanya Incar 10 SMK di 2019 kerja sama AHM dengan SMK 3 Tanjung Selor. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Astra Honda Motor (AHM) akan bekerja sama dengan 10 sekolah menengah kejuruan (SMK) untuk implementasi kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda pada 2019. Jumlah ini lebih kecil dari realisasi tahun ini yang mencapai 23 SMK.

Implementasi kurikulum TBSM Astra Honda dijalankan secara bertahap sejak 2010. Ini upaya AHM berkontribusi aktif mendukung dunia pendidikan vokasi di bidang otomotif roda dua di seluruh Indonesia.

Ahmad Muhibbudin, General Manager Corporate Communications AHM, menjelaskan pada tahun depan implementasi kurikulum TBSM memang lebih sedikit perihal jumlah SMK yang diajak kerja sama. Pertimbangannya, Astra Honda ingin fokus pada peningkatan kualitas kurikulum dan guru dalam program implementasi kurikulum TBSM ini.

"Tahun depan kami tidak mengincar jumlah SMK yang banyak, tapi lebih fokus pada kualitas program sehingga output implementasi kurikulum TBSM ini lebih baik, seperti lulusan SMK lebih mampu bersaing di dunia kerja," ujar Muhibbudin di sela acara kerja sama implementasi kurukulum TBSM Astra Honda di SMK 3 Tanjung Selor, Kalimantan Utara, kemarin (13/12).

Menurutnya, dengan fokus ke kualitas program, pihaknya berharap para lulusan SMK yang belajar kurikukum TBSM Astra Honda bisa masuk atau bekerja di jaringan bengkel Astra Honda.

kerja sama AHM dengan SMK 3 Tanjung Selor ©2018 Merdeka.com

Selain program implementasi kurikulum TBSM Astra Honda, sebagai pabrikan motor terbesar di Indonesia, AHM juga memiliki sederet program untuk sekolah dan siswa SMK. Seperti menampung lulusan SMK terpilih untuk mengikuti program wirausaha mandiri (program vokasi). Ada 50 calon yang diseleksi AHM untuk mencari 9 finalis. Ke-9 finalis ini akan dibantu pendanaanya untuk menjadi wirausahawan di perbengkelan sepeda motor.

"Selain itu, kami juga membantu siswa SMK yang ingin melanjutkan ke pendidikan lebih tinggi dengan memberikan beasiswa ke Politeknik Astra Polman," ujar Muhib.

Kurikulum Update

Markus Budiman, Direktur HR, GA, IT, dan SI AHM, menjelaskan soal kurikululm TBSM yang selalu update alias diperbarui. Pihaknya berkomitmen melakukan update kurikulum TBSM setiap kali produk Honda menerapkan teknologi motor terbaru. Sebut saja teknologi mesin injeksi, anti-lock brake system (ABS), dan idling stop system (ISS).

"Setiap teknologi baru yang digunakan motor Honda juga kami bagikan ke portal program kurikulum TBSM supaya bisa diunduh oleh para guru SMK sehingga bisa dipelajari dengan baik," ucap Markus.

Demi meningkatkan kualitas dan daya saing SDM di dunia pendidikan, AHM bersama jaringan main dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia melakukan berbagai pelatihan, sertifikasi, dan uji kompetensi yang ditujukan kepada guru produktif dan peserta didik. Semua ini dilakukan secara berkelanjutan dan intensif. Materinya pun diperbarui sesuai dengan perkembangan teknologi dan tren bisnis. [sya]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini