Dirakit di Cikampek, Harga VW Tiguan Allspace Lebih Murah Rp 100 Jutaan

Kamis, 3 Oktober 2019 15:18 Reporter : Syakur Usman
Dirakit di Cikampek, Harga VW Tiguan Allspace Lebih Murah Rp 100 Jutaan VW Tiguan Allspace. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Berkat dirakit di pabrik Cikampek, Jawa Barat, mobil sport utility vehicle (SUV) VW Tiguan Allspace berhasil turun harga hingga Rp 100 juta menjadi Rp 598 juta (on the Jakarta).

Jonas Chendana, Chief Operating Officer PT Garuda Mataram Motor, menjelaskan sebelum dirakit secara medium knock down (MKD) di Cikampek alias diimpor eecara utuh (CBU), harga jual New Tiguan Rp 650 jutaan dengan patokan kurs euro Rp 13.000-14.000. Namun, dengan kurs sekarang, harga jualnya pun naik menjadi Rp 695 juta atau cenderung Rp 700 juta.

"Padahal harga Rp 700 juta itu untuk Tiguan kapasitas lima penumpang. Namun, setelah dirakit di Cikampek, kami menjual dengan harga Rp 598. Ada selisih harga lumayan, meski kami harus investasi di perakitan," ujar Jonas saat seremoni penyerahan unit VW Tiguan Allspace kepada lima pembeli pertama di Jakartta, Rabu malam (2/10).

Masalah harga jual memang menjadi perhatian Garuda Mataram Motor, agen pemegang merek mobil VW dan Audi di Indonesia. Karena selama ini harga jual mobil VW tidak kompetitif akibat kebijakan pajak pemerintah yang tinggi terhadap mobil impor.

"Kami sengaja merakit Volkswagen di Indonesia sehingga lebih banyak orang dapat memiliki mobil merek Volkswagen karena dengan dirakit di Indonesia, harga menjadi lebih kompetitif," kata Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT Garuda Mataram Motor.

Terkait fasilitas perakitan VW di Cikampek, Andrew juga mengaku senang atas keberhasilan tenaga kerja Indonesia merakit VW Tiguan Allspace meski perakitan ini bersifat independen. Karena kualitas produk hasil perakitannya sama dengan pabrik VW di Jerman. Apalagi pihaknya mendapat dukungan penuh dari prinsipalnya, VW AG (Jerman).

Fasilitas perakitan VW di Cikampek, Jawa Barat, ini milik anak perusahaan Indomobil lainnya, yaitu PT National Assemblers. Pembangunan fasilitas produksi Volkswagen merupakan bukti komitmen VW Indonesia untuk mendukung pertumbuhan industri otomotif di Indonesia dengan membangun fasilitas produksi Volkswagen di Indonesia.

Fasilitas produksi ini berdiri di tanah seluas 60.000 meter persegi dengan kapasitas produksi 6.000 unit per tahun. Fokus pertama adalah model Volkswagen Tiguan Allspace.

Target Produksi

Jonas menjelaskan, perakitan VW Cikampek sementara fokus untuk model Tiguan Allspace. Dari total kapasitas produksi 6.000 unit, pihaknya menargetkan penjualan Tiguan bisa mencapai 2.000 unit per tahun.

Saat ini pemesanan VW Tiguan Allspace mencapai 460 unit sejak diluncurkan di pameran GIIAS tahun ini pada Juli lalu. [sya]

Topik berita Terkait:
  1. VW Tiguan
  2. Jerman
  3. Mobil SUV
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini