Didesain orang Indonesia, ini keistimewaan New Yaris Heykers

Jumat, 4 November 2016 07:04 Reporter : Syakur Usman
Didesain orang Indonesia, ini keistimewaan New Yaris Heykers New Yaris Heykers. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - New Yaris memiliki varian baru dengan meluncurkan Heykers pada Kamis siang (3/11). Total ada 8 varian New Yaris, tapi Heykers terbilang istimewa. Berkarakter sporty dan adventurous, Heykers yang dibuat dari kata 'hikers' atau 'hiking', menyasar konsumen muda yang fun dan suka berpetualang.

Terbilang istimewa, karena New Yaris Heykers tampil berbeda dari varian lainnya. Mengusung konsep sporty dan adventurous, mobil hatchback medium Toyota ini tampil beda. Selain penggunaan mesin baru yang sama dengan All New Toyota Sienta dan Vios, New Yaris juga mengusung transmisi baru CVT.

Kemudian, ground clearance-nya dinaikkan 35 milimeter menjadi 184 milimeter. Ini berkat penggunaan suspensi baru, New TRD Suspension, yang berkontribusi menambah tinggi 20 mm, dan ukuran ban yang lebih besar 195/55 R16 (+15mm).

Eksteriornya lebih kental nuansa sporty dan modern. Lihat saja alloy wheel beraksen dual tone silver dan dark titanium. Kemudian desain overfender, roof rail, side protection moulding, sticker heykers, side skirt, rear spoiler, dan rear bumper.

Hiroyuki Fukui, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM), menjelaskan berbekal mesin anyar dengan teknologi dual VVT-i, New Yaris bertransmisi manual memiliki efisiensi bahan bakar lebih tinggi 17 persen dari versi lawasnya. Sedangkan transmisi CVT lebih tinggi lagi, hingga 30 persen.

Apalagi istimewanya?

"Desain New Yaris Heykers dibuat oleh Tim Desain TAM yang disetujui oleh Toyota Motor Corp, untuk kemudian diproduksi dan dijadikan tambahan varian New Yaris," ujar Fukui, saat memperkenalkan New Yaris Heykers di Jakarta, kemarin.

Ya, desain Yaris Heykers, terbilang istimewa lantaran didesain oleh Tim Desain TAM. Di bawah supervisi Kepala Tim Desain TAM yang dikepalai Donny Adhi Yuwono, tampilan Yaris Heykers makin sporty. Mereka yang terlibat, antara lain Akbar Juniaerto, bertanggung jawab terhadap desain secara keseluruhan. Sementara Arif Aulia Rahman yang mendesain suspensi dan bannya.

Sutrimono, Deputy Division Head Product Planning & Development Division TAM, menjelaskan Heykers dikembangkan dari show car yang dipamerkan di event GIIAS 2015. Mendapat respons positif dari pengunjung GIIAS 2015 itulah Heykers dikembangkan untuk menjadi varian baru Yaris.

Setelah usai menjadi show car di GIIAS 2015, tim menyiapkannya untuk ke tahap lanjutan yakni development mass production. Ini memakan waktu sekitar satu tahun.

"Kemudian kami tes unitnya di Jepang selama seminggu, untuk tes emergency escape dan performance test," ujarnya.

Hasil tes tersebut, lanjut dia, dikonfirmasi kembali oleh TAM, hingga akhirnya disetujui TMC untuk diproduksi sebagai model komersial Yaris, yang diluncurkan kemarin. [ega]

Topik berita Terkait:
  1. Toyota Yaris
  2. Otomotif
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini