Desainer mobil VW meninggal dunia

Sabtu, 20 Juni 2015 11:41 Reporter : Yoga Tri Priyanto
Desainer mobil VW meninggal dunia Marcio Piancastelli. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Tidak banyak yang tahu saat orang menyebutkan nama Marcio Piancastelli. Tak ada yang menyangka bahwa dia adalah salah satu desainer mobil VW yang sukses dengan VW Brasilea dan SP-2. Sayangnya, Piancastelli baru saja meninggal di usia 79 tahun pada 18 Juni 2015.

Dia lahir pada tahun 1936, sudah memiliki tangan dengan bakat desain tinggi sejak muda. Saat baru berusia 26 tahun, dia sukses memenangkan kontes desain dengan gambar dari mobil sport kecil bernama Itapuan. Padahal tak mudah memenangi gelar juara, mengingat juri kala itu adalah Brooks Stevens.

Hadiah dari gelar juara tersebut, Piancastelli diberi kesempatan untuk magang di Ghia, Italia. Di sana, Pian merancang sebuah mobil konsep kecil menakjubkan yang diberi nama Pian GT. Setelah mengenyam banyak ilmu di Ghia, Pian kembali ke Brasil untuk bekerja pada Willys-Overland dan ketika Willys Overland dibeli oleh Ford, Pian pindah ke Volkswagen, yang mana dia membuat beberapa desai yang paling penting.

Kiprahnya di dunia desain mobil tak perlu diragukan lagi. Proyek VW pertamanya adalah pada tahun 1969 untuk Brazil-ify the VW Type III. Selain itu, Pian juga menelurkan desain yang dipakai untuk VW SP-2. Dua model mobil dari Pian sangat laris manis di pasaran. Mereka mengenal itu adalah VW, bukan Pian. Sehingga tak heran jika tidak banyak orang mengenal Pian sebagai desainer mobil klasik terkenal.

Menurut lansiran Jalopnik (18/6), VW Brasilia merupakan desain mobil terbaik yang pernah ada. Pasalnya, Brasilia dirancang untuk menjadi modernisasi Beetle, siap bersaing dengan mobil-mobil baru dari Fiat dan Chevrolet yang muncul di awal tahun 1970. Bahkan mobil ini sangat mampu bersaing dengan mobil baru yang dirancang 40 tahun kemudian. Begitu hebat apa yang dilakukan seorang Pian.

Kini Pian sudha tidak lagi ada di dunia ini. Namun desain-desain praktis, elegan, dan bersejarah miliknya tak akan pernah dilupakan.

Selamat jalan, Marcio Piancastelli. [ega]

Topik berita Terkait:
  1. Volkswagen
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini