Deretan mobil buatan mahasiswa Indonesia yang diakui dunia

Rabu, 7 November 2018 06:20 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Deretan mobil buatan mahasiswa Indonesia yang diakui dunia Mobil sapu angin ITS. ©istimewa/its-team-sapuangin

Merdeka.com - Mahasiswa Indonesia pernah membuat mobil-mobil canggih. Bahkan diakui negara lain. Banyak perlombaan dimenangkan mobil buatan Indonesia.

Berikut mobil hasil karya buatan mahasiswa asal Indonesia yang diakui dunia:

1 dari 5 halaman

Mobil Bimasakti

Mobil Bimasakti UGM. ©2018 UGM.ac.id

Mobil karya mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mengusung desain mirip dengan mobil formula, dengan kapasitas satu orang. Generasi kelima mobil ini ikut beradu dalam event tahunan Japan SAE Formula Competition pada 2016 silam.

Bimasakti menggunakan mesin Honda CBR600 yang dimodifikasi. Ubahan itu terletak pada intake sytem, fuel supply, dan knalpot.

2 dari 5 halaman

Mobil Listrik Android

androidmobil listrik dengan Android. ©2018 Liputan6

Mobil listrik karya mahaiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia ini berbeda dengan mobil pada umumnya. Karena seluruh sistem penggerak mobil dan utilisasi terkoneksi dengan ponsel Android.

Sebelumnya, mereka juga tergabung dalam tim Ulil Albab Student Center (UASC). Tim UASC dengan mobil buatanya ‘Kaliruang Unisi’ kini ditantang untuk ikuti dalam lomba balap mobil listrik Formula SAE tingkat International 2017 yang dihelat di tiga negera, yakni Italia, Jepang dan Australia.

3 dari 5 halaman

Mobil Sapu Angin ITS

angin itsMobil sapu angin ITS. ©istimewa/its-team-sapuangin

Debut Tim Sapu Angin hemat energi andalan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil menunjukkan taringnya. Bertarung di ajang bergengsi Shell Eco-Marathon (SEM) Asia 2018 di Changi Exhibition Centre Singapura.

Dosen pembina Tim Sapu Angin, Witantyo mengatakan, keberhasilan timnya diketahui seusai mobil Sapu Angin menjalani race terakhir dan mendapat peringkat pertama kelas Urban Concepts Internal Combustion Engine (ICE).

4 dari 5 halaman

Mobil Garuda Hybrid

hybridMobil Garuda Hybrid. ©2018 Garuda UNY

Mobil buatan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil menjadi juara International Student Car Competition (ISCC) atau kompetisi mobil listrik hybrid ramah lingkungan (green car) 2018 di Gyeonggi-Do, Korea Selatan.

Mereka tergabung dalam Garuda UNY Team (GUT). GUT dengan mobilnya, Garuda Hybrid 2018 (GH-18) berhasil menduduki 1st Acceleration, 1st Manuver atau Gymkhana Overall, dan 1st Endurance.

Garuda Hybrid merupakan kendaraan berkonsep hybrid dengan perpaduan dua tenaga penggerak, motor listrik pada bagian depan dan mesin Internal Combustion Engine (ICE) di bagian belakang.

5 dari 5 halaman

Antawirya

Antawiryo karya Undip. ©2018 Manunggal Undip

Tim Antawirya dari Teknik Mesin di Universitas Diponegoro Semarang meraih urutan ke-5 pada kategori Urban Gasoline di kompetisi Shell Eco- Marathon Asia (SEMA) 2015 yang digelar di Manila, Filipina.

Mobil yang mereka bawa di kompetisi itu berhasil menyelesaikan perlombaan dengan pemakaian bahan bakar 53,2 km per liter.

[has]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Mobil Nasional
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini