Daihatsu Sigra laku 5.091 unit secara nasional

Senin, 22 Agustus 2016 00:37 Reporter : Syakur Usman
Daihatsu Sigra laku 5.091 unit secara nasional Calya dan Sigra. Hana Adi Perdana©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Penjualan mobil murah 7 penumpang, Astra Daihatsu Sigra, terus meroket sejak diluncurkan 2 Agustus lalu. Hingga Jumat (19/8), penjualan Sigra di seluruh Indonesia berdasarkan surat pemesanan kendaraan (SPK) yang diterima oleh PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mencapai 5.091 unit.

Kata Hendrayadi Lastiyoso, Head of Marketing AI-DSO, dari empat tipe Sigra yang dipasarkan, tipe D dan M yang menawarkan mesin 1.000 cc mencatat penjualan 10 persen dari 5.091 unit itu. Sedangkan tipe X dan R bermesin 1.200 cc mencapai 90 persen. Persentase ini sesuai dengan prediksi AI-DSO, karena biasanya di periode launching ini penjualan yang terbesar berasal dari tipe tertinggi, yakni tipe bermesin 1.200 cc.

"Dengan asumsi jumlah 5.091 SPK ini masih proses persetujuan kredit dari perusahaan pembiayaan, kami perkirakan penjualan ritel Sigra bisa mencapai 4.000-4.500 unit di peridoe launching ini. Ini berarti lebih tinggi dari target penjualan kami yang sebesar 2.000-3.000 unit per bulan," ujar Hendrayadi, usai press conference Daihatsu Astec Open 2016, di BSD City, Serpong, Sabtu (20/8).

Dengan prediksi penjualan ritel mencapai 4.500 unit hingga akhir Agustus ini, kata Hendrayadi, pengiriman perdana Sigra ke konsumen diperkirakan terjadi pada awal September.

Sementara Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, berpendapat prediksi penjualan ritel 4.500 unit selama bulan ini, tidak lantas membuat pihaknya menambah volume produksi Sigra di pabrik Daihatsu Karawang, Jawa Barat. Saat ini pabrik tersebut menetapkan kapasitas produksi Sigra mencapai 3.000 unit per bulan.

Menurut Amelia, penjualan tinggi di periode launching adalah hal wajar, termasuk penjualan Sigra. Periode launching ini akan berlangsung selama 6 bulan ke depan, sejak satu produk diluncurkan. Setelah itu biasanya penjualan akan berangsur-angsur normal. "Secara umum, penjualan Sigra sesuai dengan target kami di level 3.000 unit per bulan," kata dia. [ega]

Topik berita Terkait:
  1. Daihatsu Sigra
  2. Daihatsu
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini