Daihatsu Siapkan 'Fasilitas' Ini Sambut Kebutuhan Konsumen Kala New Normal

Rabu, 24 Juni 2020 10:42 Reporter : Syakur Usman
Daihatsu Siapkan 'Fasilitas' Ini Sambut Kebutuhan Konsumen Kala New Normal Peluncuran New Astra Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sirion 2020. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kenormalan baru atau new normal dipandang sebagai momentum bagi merek otomotif di Indonesia, yang alami penurunan penjualan akibat pandemi Covid-19 sejak Maret lalu.

Daihatsu Indonesia melihat kenormalan baru pada bulan depan melahirkan peluang untuk mendorong kegiatan pemasaran mobil baru. Apalagi survei internal PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) menyebutkan, masa pandemi 66 persen responden lebih suka memakai mobil pribadi ketimbang transportasi publik, karena khawatir tertular virus corona.

"Survei Astra Daihatsu menyebutkan sebagian besar konsumen kami ingin memakai mobil pribadi di kenormalan baru karena khawatir dengan transportasi publik. Mereka cenderung punya keinginan membeli mobil baru, sehingga bagi Daihatsu ini momentum peluang pasar bagi mobil baru kami," ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and Customer Relation Division Head AI-DSO dalam event virtual Ruang Merdeka x Daihatsu, kemarin (23/6).

Menurut Hendrayadi, saat ini banyak orang yang benar-benar ingin membeli mobil secara fungsional, serta siap secara keuangan baik tunai maupun kredit. Mereka adalah konsumen otomotif yang ingin membeli mobil baru karena kebutuhan dan fungsi, bukan gengsi.

"Kalau secara fungsi sangat membutuhkan, beli lah mobil sekarang. Survei kami juga menyebutkan 20 persen responden masih mau membeli mobil bila pandemi Covid-19 usai," tegasnya.

Kepada orang-orang yang membutuhkan mobil baru sekarang karena faktor fungsi, bukan gengsi, Daihatsu Indonesia menawarkan one stop solution karena memiliki kelebihan; value chain Astra.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), memaparkan pihaknya tidak menawarkan iming-iming berlebihan kepada konsumen yang butuh membeli mobil baru saat ini. Seperti uang muka (DP) murah dan bunga/cicilan ringan, dan tenor panjang di atas 4-5 tahun. Semua itu sangat bergantung dengan kemampuan perusahaan pembiayaan, yang juga alami kesulitan akibat pandemi ini.

Apalagi faktanya sekitar 80 persen konsumen membeli mobil secara kredit.

"Kami tidak menawarkan itu semua. Membeli mobil di Daihatsu, kami menawarkan value chain Astra. Misalnya kalau mau trade-in, kami ada Mobil88. Pembiayaannya, ada ACC atau Daihatsu Financial Service, dan asuransinya ada Garda Oto. Semua database kami terintegrasi, sehingga proses pembelian mobil di Daihatsu pasti lebih mudah karena proses persetujuan kreditnya juga lebih cepat. Inilah fasilitas yang kami tawarkan; kemudahan dan one stop solution," paparnya.

Kata Amelia, di masa pandemi ketika faktor kesehatan prioritas, bagi yang membutuhkan mobil sekarang, pilihlah mobil yang paling cocok dengan pasar Indonesia dan peace of mind. Hindari membeli mobil buat kebanggaan, tapi kemudian susah perawatan dan mahal di kemudian hari.

"Saat ini konsumen harus smart dan Daihatsu siap menuhi kebutuhan konsumen dengan one stop solution dari Astra," pungkasnya.

Baca Selanjutnya: Gelar Event Virtual Showroom...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini