CEO Mitsubishi: Spek dan Pemasok Komponen Xpander di Vietnam Sama dengan Indonesia

Kamis, 3 Oktober 2019 11:57 Reporter : Syakur Usman
CEO Mitsubishi: Spek dan Pemasok Komponen Xpander di Vietnam Sama dengan Indonesia mitsubishi xpander limited dirilis di IIMS 2019. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Mobil andalan Mitsubishi Motors Indonesia, Xpander, kena recall di Vietnam sejak 1 Oktober lalu. Mobil small MPV ini diproduksi di Cikarang, Jawa Barat, sejak dua tahun lalu.

Jumlahnya lumayan besar lebih dari 14 ribu unit, apalagi Vietnam merupakan negara tujuan ekspor terbesar kedua dari 12 negara tujuan ekspor Xpander di periode jauari-agustus 2019.

Bagaimana dengan model Xpander yang beredar di Indonesia?

Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengakui komponen pompa bahan bakar (fuel pump) di model Xpander yang kena recall di Vietnam juga dipakai di model Xpander yang dipasarkan di Indonesia. Sebab pemasok komponen ini sama untuk pasar Indonesia dan ekspor seperti Vietnam.

"Spesifikasi komponen pompa bahan bakar ini pada dasarnya sama. Saat ini
Mitsubishi Motors masih menyelidiki kasus ini di Vietnam. Jadi kita semua juga menunggu hasil investigasi," ungkap Nakamura dalam keterangan resminya, Kamis (3/10).

Perlu diketahui per 1 Oktober tahun ini, Mitsubishi Motors Vietnam (MMV) melakukan penarikan kembali atau recall terhadap 14.051 unit Xpander yang diproduksi di Indonesia periode 14 Agustus 2018 dan 26 Agustus 2019. Recall ini dilakukan untuk memperbaiki masalah di fuel pump atau pompa bahan bakar, seperti dikutip dari situs berita vnexpress.net.

Recall ini dimulai sejak 1 Oktober tahun ini hingga 30 September 2021. Mitsubishi Motors akan mengganti komponen pompa bahan bakar ini di semua unit kendaraan di seluruh diler resmi secara gratis alias bebas biaya.

Pengganti komponen ini berlangsung selama 72 menit, kata juru bicara perusahaan sambil menambahkan bahwa seluruh Xpander yang diproduksi setelah 26 Agustus 2019 aman, karena menggunakan komponen pompa bahan bakar baru. [sya]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini