Cari Sepatu Touring Buat Mudik, Jangan Asal Pilih

Kamis, 31 Mei 2018 14:21 Sumber :
Cari Sepatu Touring Buat Mudik, Jangan Asal Pilih Ilustrasi: Motorcycleusa.com

Merdeka.com - Tak lama lagi, aktifitas mudik akan segera dimulai. Berbagai macam moda transportasi dipilih untuk mengantarkan ke kampung halaman, termasuk sepeda motor.

Risiko mudik dengan kendaraan roda dua memang lebih besar. Karena itulah dibutuhkan safety gear, seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu.

Meski kerap disepelekan, ternyata sepatu memiliki fungsi yang cukup vital. Selain menghindarkan kaki dari panas dan angin, sepatu juga mampu meminimalisir luka ketika terjadi kecelakaan.

Untuk itu, pemilihan sepatu untuk menempuh perjalanan jauh perlu diperhatikan. Pasalnya, sepatu touring memiliki berbagai macam model dan fungsinya masing-masing.

Dilansir dari Bestbeginnermotorcycles.com, berikut beberapa tips memilih sepatu touring untuk mudik:

1. Tipe berkendara

Jenis sepatu dipengaruhi oleh tipe berkendara. Sepatu untuk off-road, balap, dan berkendara harian jelas berbeda, baik itu bahan maupun fitur di dalamnya.

Untuk mudik, disarankan memilih sepatu yang ringan, nyaman, namun, tetap aman. Usahakan tinggi sepatu sampai di atas mata kaki.

2. Bahan

Bahan sepatu berpengaruh pada kenyamanan berkendara. Jika lebih banyak riding pada siang hari, pilihlah sepatu yang dilengkapi dengan ventilasi. Selain itu, Otolovers juga bisa membeli sepatu dengan bahan mesh sehingga angin mudah masuk.

Jika sering berkendara pada malam hari dan melewati daerah pegunungan yang cenderung dingin, ada baiknya memilih sepatu berbahan kulit atau pun memiliki ventilasi yang tidak terlalu banyak.

3. Ukuran dan budget

Yang terpenting adalah ukuran. Jangan sampai sepatu terlalu besar atau pun kecil. Sebab, faktor tersebut dapat mengurangi kenyamanan berkendara.

Selain itu, perhitungkan biaya untuk membeli sepatu. Jangan sampai budget untuk mudik dan perawatan sepeda motor berkurang gara-gara membeli sepatu baru.

(kpl/crn)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Sumber: Otosia.com

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini