Cari kampas rem kendaraan berat? Inilah pilihannya

Rabu, 22 Juli 2015 12:36 Sumber :
Cari kampas rem kendaraan berat? Inilah pilihannya Foto: IBK

Merdeka.com - Brake lining atau biasa disebut kampas rem adalah suku cadang yang berfungsi mengurangi dan menghentikan kecepatan putar suatu benda pada kendaraan. Usia pemakaian pada brake lining biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti, cara pengemudi menggunakan rem (frekuensi pengereman), rute atau medan jalan yang kurang baik sehingga mengakibatkan kondisi kendaraan sering menggunakan rem dan kondisi tromol kendaraan yang memang kurang baik.

PT Dirgaputra Ekapratama selaku distributor parts aftermarket kendaraan menawarkan produk brake lining atau kampas rem yang di peruntukan untuk kendaraan komersial seperti Colt Diesel, Fuso Fighter, Hino Dutro, Hino Lohan dan sebagainya. Brake lining yang didistribusikan oleh PT Dirgaputra Ekapratama adalah IBK Heavy Duty, IBK, NTB dan RCA.

Menurut V. Yonny, Deputy Opr. Director PT Dirgaputra Ekapratama, brand tersebut mempunyai keunggulan dan kelebihan masing-masing. Misalnya merek IBK Heavy Duty lebih cocok dipakai untuk kendaraan berat seperti trailer atau truk dengan muatan sangat berat dan bus dengan rute jalan pegunungan yang naik turun dan frekuensi pengereman yang tinggi.

Sedangkan merek IBK diperuntukkan bagi kendaraan medium sampai heavy load dengan kondisi jalan datar dan mempunyai hardness dan koefisien gesek yang baik serta usia pakainya lebih awet. Sementara merek NTB untuk medium sampai heavy load dengan kondisi jalan datar. "Terakhir kita punya merek RCA yang digunakan untuk light load sampai medium load dengan kondisi permukaan jalan datar," terang Yonny.

"Brake Lining yang kita buat dengan berbagai merek tersebut, diproduksi dengan standar OEM & OES, dan di ekspor ke berbagai negara. Jadi produksi kita tidak kalah dengan negara lain, bahkan kita sudah lolos standar Eropa," tambahnya. Parts standar aftermarket tersebut dijual dengan harga mulai dari Rp 61 ribu sampai Rp 1,351 juta, tergantung jenis kendaraan.

(kpl/nzr/lrs)


Sumber: Otosia.com
Topik berita Terkait:
  1. Aksesoris Mobil
  2. Ragam
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini