Cara bikin wiper mobil awet dan tak buat baret di kaca

Sabtu, 20 Februari 2016 00:02 Reporter : Yoga Tri Priyanto
Cara bikin wiper mobil awet dan tak buat baret di kaca Wiper mobil. © intructables.com

Merdeka.com - Musim hujan seperti sekarang ini memang tidak bisa ditebak. Cuaca tak menentu. Oleh karena itu, Anda pemilik mobil harus ekstra hati-hati. Kali ini kita akan berbicara mengenai wiper yang selalu dieksploitasi kinerjanya saat musim hujan. Selain wiper, kaca mobil depan juga menjadi sorotan.

Wiper mobil Anda haruslah dalam kondisi baik agar tidak menggangu perjalanan Anda saat hujan. Wiper yang tidak dalam kondisi baik bakal mengakibatkan berbagai efek, salah satunya membuat kaca mobil baret.

Kaca mobil di cuaca seperti ini akan cenderung kusam jika tak dirawat. Titik-titik air akan semakin banyak dan itu sangat mengganggu karena pantulan cahaya dari depan makin tak terhitung.

Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Nah, berikut ini ada tips dari Toyota Astra untuk memeriksa kondisi wiper secara teratur.

Wiper terbuat bahan karet elastis yang dihubungkan dengan besi pada umumnya sebagai 'alat' dan untuk media penggerak wiper.

Cek wiper apakah masih lentur atau tidak. Apabila sudah mengeras dan tidak fleksibel berarti sudah saatnya diganti, karena akan mengurangi fungsinya sebagai penyapu air dengan sempurna. Di samping itu juga berakibat menggores kaca dan mengakibatkan goresan-goresan tadi.

Tips mudah lainnya adalah pada saat mobil diparkir di luar tanpa pelindung atap dan terkena sinar UV langsung, biasakan meluangkan waktu untuk menarik wiper dari bersentuhan dengan kaca.

Hal ini akan memperpanjang usia karetnya. Karena bila karet terkena panas berlebih, dapat merusak karet karena memuai.

Semoga tips ini bermanfaat! [ega]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini