Bisnis lesu, penjualan mobil pick-up Suzuki turun 30 persen

Selasa, 31 Mei 2016 17:59 Reporter : Syakur Usman
Bisnis lesu, penjualan mobil pick-up Suzuki turun 30 persen Suzuki Mega Carry Pick-Up. ©2016 Merdeka.com / suzuki.co.id

Merdeka.com - Penurunan pasar mobil di segmen pick-up hingga kuartal II tahun ini hingga 40 persen berdampak pula pada penjualan Suzuki. Maklum saja, mobil pick-up berkontribusi besar terhadap penjualan ritel Suzuki Indonesia.

Makmur, 4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengaku saat normal penjualan mobil pick-up Suzuki yang diwakili model APV dan Futura mencapai 5.000 unit per bulan dari total penjualan sekitar 7.000 - 8.000 unit Suzuki Indonesia. "Karena pasar segmen ini menurun, maka penjualan mobil pick-up Suzuki juga turun, yakni sebesar 30 persen. Memang tidak sebesar penurunan pasar, tapi cukup berdampak," kata Makmur usai menghadiri perkenalan Program Tripl3Bonus 2016 di Jakarta, Selasa (31/5).

Untuk mengimbangi penurunan penjualan di segmen pick-up, kata Makmur, pihaknya mendorong penjualan mobil di segmen penumpang lewat model Ertiga di segmen low MPV dan Karimun Wagon R di segmen low cost green car (LCGC). Salah satunya dengan membuat program promo menarik seperti Tripl3Bonus menyambut musim mudik Lebaran.

Di Juni tahun ini yang bertepatan dengan bulan Ramadan, Suzuki Indonesia ingin penjualannya naik 20 persen menjadi 8.500 unit dari bulan sebelumnya. Karena biasanya penjualan mobil di Ramadan lebih tinggi dari bulan biasa.

"Sebenarnya kami tidak pernah menarget penjualan secara volume. Di Juni, kami targetkan pangsa pasar mobil Suzuki naik menjadi 11,5 persen secara nasional dari posisi saat ini 10,2 persen," kata Makmur.

Lewat program Tripl3Bonus 2016, Suzuki Indonesia menawarkan cara mudah memiliki mobil Suzuki. Di sini ditawarkan uang muka (DP) mulai Rp 8 juta, cicilan menarik mulai Rp 2 jutaan untuk mobil penumpang dan Rp 1 juta untuk mobil pick-up, dan biaya administrasi ringan. Sementara sisi after sales, ditawarkan hadiah sepeda motor jika konsumen melakukan servis mobil Suzuki di bengkel resmi. Kemudian gratis 23 item pemeriksaan mobil, dan vocer diskon Rp 200 ribu untuk pembelian ban minimal dua unit ukuran apa saja di Toko Model Bridgestone, serta vocer Rp 100.000 jika melakukan perawatan ban. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Mobil Suzuki
  2. Mobil Pick Up
  3. Suzuki
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini