Bikin promo Ramadan, Suzuki Indonesia incar penjualan naik 20 persen

Selasa, 31 Mei 2016 16:45 Reporter : Syakur Usman
Bikin promo Ramadan, Suzuki Indonesia incar penjualan naik 20 persen Ilustrasi Mobil Suzuki. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ingin penjualannya selama Juni yang bertepatan dengan bulan Ramadan 2016 naik 20% menjadi 8.500 unit dari 7.000 unit di bulan sebelumnya. Untuk itu, Suzuki Indonesia membuat promo menarik hingga 30 Juni lewat program Tripl3Bonus 2016.

Makmur, 4W Sales Director SIS, menjelaskan seperti biasanya penjualan mobil di Ramadan lebih tinggi dari bulan biasa. Karena itu, Suzuki ingin penjualannya juga meningkat, ketika pasar mobil nasional tumbuh di Juni.

"Sebenarnya kami tidak pernah menarget penjualan secara volume. Di Juni, kami targetkan pangsa pasar mobil Suzuki naik menjadi 11,5 persen secara nasional dari posisi saat ini 10,2 persen," kata Makmur, saat penjelasan Program Tripl3Bonus 2016 di Jakarta, Selasa (31/5).

Menurut dia, pasar mobil nasional tahun ini cenderung menurun, yang mana volume penjualan per bulan rata-rata 80.000-85.000 unit. Sementara tahun lalu rata-rata 100.000 unit per bulan. Penurunan ini terutama didorong perusahaan pembiayaan menahan diri untuk membiayai kendaraan di segmen komersial.

Berdasarkan data asosiasi Gaikindo, penjualan kendaraan segmen pick-up turun hingga 40 persen. Padahal segmen mobil pick-up berkontribusi besar dalam total penjualan mobil Suzuki di Indonesia.

"Penurunan pasar mobil pick-up secara nasional tentu saja berdampak terhadap penjualan Suzuki secara keseluruhan," ujar dia.

Makmur memperkirakan penjualan mobil akan mencapai puncaknya di Ramadan pada 14 hari sampai 7 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri. Namun demikian, dia menyarankan agar konsumen prepare minimal satu bulan sebelumnya jika ingin menggunakan mobil baru untuk mudik. Sebab diperlukan waktu yang cukup untuk pengurusan surat-surat kendaraan, persetujuan kredit dari leasing, dan fakor pengiriman kendaraan.

"Jangan terlalu mepet beli mobil, karena perlu waktu untuk urusan kredit, surat kendaraan, dan lain-lain. Makin dekat Lebaran, Samsat sudah libur misalnya," ucap dia. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Mobil Suzuki
  2. Suzuki
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini