Biaya Meningkat, Mitsubishi Naikkan Harga Jual Xpander di Juni

Selasa, 19 Mei 2020 20:38 Reporter : Syakur Usman
Biaya Meningkat, Mitsubishi Naikkan Harga Jual Xpander di Juni Mitsubishi Xpander Cross debut global di Jakarta. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berencana menaikkan harga jual kendaraan model Xpander, Triton, dan L300 pada bulan depan (Juni). Sedangkan model Pajero Sport dan Outlander Sport tidak naik.

Imam C Cahya, Head of Sales and Marketing Group MMKSI, menjelaskan kenaikan harga jual pada tiga model tersebut berkisar Rp 1 juta hingga 3 juta dari harga lama. Rinciannya, Rp 1 juta untuk model L300, sedangkan Rp 2-3 juta untuk model Xpander dan Triton tergantung variannya.

"Penyesuaian harga jual tersebut mempertimbangkan daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19, maka itu harga baru hanya bertambah Rp 1-3 juta per model," ujar Imam dalam diskusi online, Selasa petang (19/5).

Menurut Imam, MMKSI berusaha sekali menjaga harga jualnya supaya tidak naik. Namun, pandemi Covid ini sangat berdampak terhadap kondisi perekonomian Indonesia termasuk nilai tukar (kurs) rupiah. Alasan menaikkan harga jual pada Juni pun dilakukan antara lain pertimbangan kondisi ekonomi nasional pula yang terpuruk.

"Maka itu, kami tidak menaikkan harga jual pada Mei ini dan pada seluruh model. Tapi dampak global ini sangat berdampak pada kami," ucapnya.

Irwan Kuncoro, Direktur Pemasaran dan Penjualan MMKSI, menambahkan prinsipnya penyesuaian harga jual produk kendaraan harus dilakukan setiap tahun karena banyak faktor. Antara lain faktor inflasi, kenaikan biaya produksi, kurs rupiah, dan kenaikan beabalik nama (BBN).

"Kadang-kadang harga naik karena ada penambahan speksifikasi dan fitur. Maka itu, kami tahan harga jual di bulan tertentu, lalu kami lakukan (naikkan harga) di bulan lain. Ini juga bagian dari strategi bisnis dan kompetisi juga di industri otomotif," jelas Irwan.

1 dari 1 halaman

Peluncuran Model Baru di Masa Pandemi

test drive mitsubishi xpander cross dan eclipse cross 2020

©2020 Merdeka.com

Terkait peluncuran model baru, Irwan mengakui Mitsubishi Motors Indonesia sedang melakukan studi untuk realisasi rencana perseroan meluncurkan model atau produk baru di masa pandemi Covid-19.

Dia bercerita, sebelum pandemi, MMKSI memang ada rencana meluncurkan model baru pada tahun ini. Namun, kondisi uncertainty (tidak pasti) pada tahun ini, membuat pihaknya harus melakukan studi untuk merealisasikan rencana tersebut.

"Kami masih studi atau pelajari kondisi terkini. Namun untuk saat ini kami fokus ke produk-produk yang ada saja," pungkasnya.

Saat ini Mitsubishi Motors Indonesia memiliki model Xpander, Xpander Cross, Pajero Sport, Eclipse Cross, Outlander Sport, dan mobil listrik Outlander PHEV di jajaran kendaraan penumpang. Sementara di jajaran kendaraan niaga ringan ada Triton dan L300. 

[sya]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini