Bensin naik, Daihatsu tahan harga

Sabtu, 18 Mei 2013 10:21 Sumber :
New Daihatsu Xenia 2013 Indonesia

Merdeka.com - Kenaikan bahan bakar bensin premium dan solar diteropong akan mengalami kenaikan Rp 1.000-Rp 2.000. Hal ini lebih kurang akan berpengaruh pula ke segala hal, termasuk ke dalam biaya produksi sebuah mobil. PT Astra Daihatsu Motor juga memprediksi hal itu. Namun, mereka tidak berencana menaikkan harga mobil-mobilnya.

"Nanti kan mau naik lagi juga listrik. Cuma yang kita memang yang bisa kita lakukan, kita dorong pasar terus tumbuh, kita belum naikin harga ini. Satu lagi, exchange kan pengaruh rupiah melemah ini. Tapi penguatan yen. Ya kita komposisi. Artinya pabrikan belum menaikkan harga saat ini," ujar Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor Sudirman MR.

Dalam hal ini, kenaikan BBM dan faktor luar lainnya bisa diredam dengan efisiensi dalam produksi. Pihak Daihatsu juga mengaku terbuka kepada karyawan dalam menghadapi persoalan ini. "Kami menjaga keuntungan, menjaga kenaikan produksi dan efisiensi, tanpa mengurangi kualitas karena kualitas adalah segala-galanya. "

PT Astra Daihatsu Motor sendiri punya alasan mengapa tidak menaikkan harga Xenia airbag-nya terlalu banyak. Harga Xenia naik mulai Rp 2,5 juta menjadi Rp 137 juta. Harga ini berbeda dengan Toyota yang menaikkan harga Avanzanya lebih mahal Rp 3 juta.

Daihatsu berkeputusan menyematkan fitur tersebut bersama juga pre-tensioner dan load limitter seatbelt, collapse brake pedal dan knee pad.

(kpl/nzr/abe)

Topik berita Terkait:
  1. Daihatsu

Sumber: Otosia.com
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.