All New Ertiga Support Concept, mobil Suzuki bagi penyandang disabilitas

Selasa, 7 Agustus 2018 16:19 Reporter : Syakur Usman
All New Ertiga Support Concept, mobil Suzuki bagi penyandang disabilitas suzuki bikin all new ertiga support concept. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebagai alat transportasi, kendaraan bermotor merupakan kebutuhan semua orang, termasuk penyandang disabilitas atau kebutuhan khusus. Bahkan Bagi penyandang disabilitas, kebutuhan kendaaran bermotor ini sangat strategis, karena adanya hambatan akses untuk mobilitas mereka. Padahal mereka masih ingin mandiri dan produktif secara sosial dan ekonomi, meski memiliki keterbatasan.

Menjawab kebutuhan tersebut, Suzuki Indonesia merancang mobil keluarga yang ramah bagi kalangan disabilitas, yakni All New Ertiga Support Concept. Mobil konsep ini dirancang untuk memudahkan akses masuk penumpang disabilitas ke dalam mobil, tepatnya kursi penumpang baris pertama. Saat ini Anda bisa melihat langsung mobil konsep ini di booth Suzuki dalam pameran GIIAS di ICE BSD City, Tangerang, hingga 12 Agustus.

Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development and Accessoris PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), menjelaskan kursi penumpang baris pertama diubah sehingga memiliki tuas manual yang khusus untuk memutar kursi ke arah pintu sehingga akses masuk dan keluar mobil lebih mudah. Konsep ini berbeda dari konsep mobil disabilitas di luar negeri yang kebanyakan melakukan modifikasinya di kursi baris kedua. Hal ini dilakukan karen ruang kaki di jok depan lebih besar.

"Hanya menarik satu tuas yang berada di sisi kiri jok depan, kursi kebutuhan khusus ini dapat berputar hingga 90 derajat ke arah pintu. Kami berharap All New Suzuki Support Concept dapat memberikan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan bagi konsumen Suzuki Indonesia," ujar Yulius di booth Suzuki GIIAS, Selasa (7/8).

Untuk lebih jelasnya, silakan tonton video Suzuki Ertiga Support Concept ini:

https://youtu.be/rV_3LSTAkpc

Menurut Yulius, pasar mobil bagi penyandang disabilitas di Indonesia cukup besar. Sebab ada 3,76 persen penyandang disabilitas dari total populasi Indonesia. Apalagi selama ini mobil bagi orag berkebutuhan khusus hanya dipasok oleh mobil mewah.

"Suzuki menawarkan mobil konsep bagi orang berkebutuhan khusus dengan harga terjangkau," ucapnya.

Secara umum, baik speksifikasi dan fitur All New Ertiga Support Concept sama dengan tipe standar. Ubahan hanya dilakukan pada bukaan pintu agar sudutnya lebih lebar supaya kursi bisa berputar sempurna. Dan tentu saja jok penumpang baris pertama yang dimodifikasi supaya memiliki tuas khusus manual untuk memutar jok.

Kapan All New Ertiga Support Concept diproduksi?

Suzuki Indonesia belum bisa memastikan waktunya. Sebab masih dalam studi termasuk penentuan harga jualnya agar terjangkau.

"Kami masih studi termasuk kemungkinan penerapan konsep Support ini di model lain mobil Suzuki," pungkas dia. [sya]

Topik berita Terkait:
  1. GIIAS2018
  2. Mobil Konsep
  3. Tangerang
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini