Ada Rocky, Pekerja Pabrik Daihatsu Karawang Bisa Dapatkan Penghasilan Lebih Besar

Senin, 3 Mei 2021 12:15 Reporter : Syakur Usman
Ada Rocky, Pekerja Pabrik Daihatsu Karawang Bisa Dapatkan Penghasilan Lebih Besar kolaborasi baru di Indonesia: Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengaku menggelontorkan investasri Rp 1,7 triliun untuk memproduksi mobil All New Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Ya, Raize dan Rocky adalah mobil baru hasil kolaborasi ke-5 Toyota dan Daihatsu di Indonesia.

Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning and Communications Director ADM, menjelaskan local purchase kedua mobil ini di atas 60 persen, sebagai produk yang mendapat diskon pajak (PPnBM) 100 persen per 1 Maret lalu.

"Dengan investasi Rp 1,7 triliun, kami sebenarnya tidak menambah line produksi, tapi hanya menambah tooling (peralatan) di pabrik. Karena pabrik ADM menerapkan flexible production, sehingga line produksinya sangat canggih karena bisa menggabungkan beragam model, varian, dan warna dalam satu line," ujar Amelia saat jumpa pers daring, akhir pekan lalu.

Amelia menjelaskan sebagai produk kolaborasi, Raize dan Rocky, diproduksi di pabrik ADM Karawang, Jawa Barat. Strategi produksi ini menyebabkan kapasitas pabrik ADM menjadi lebih seimbang dari sebelumnya.

Selain pabrik Karawang, ADM juga memiliki pabrik di Sunter, Jakarta Utara. Namun, pabrik Sunter ini memproduksi model kendaraan lebih banyak, yakni 4 model; Daihatsu Xenia, Terios, Gran Max, dan Luxio. Sedangkan pabrik Karawang hanya memproduksi dua model Low Cost Green Car (LCGC): Sigra dan Ayla.

"Kami sangat senang dengan diluncurkan Rocky, pabrik di Karawang bisa secara optimal dipakai kapasitasnya. Sehingga teman-teman yang bekerja di pabrik Karawang, kalau permintaan/demand meningkat, mereka bisa merasakan lembur juga dan mendapatkan penghasilan lebih besar, seperti teman-teman di pabrik Sunter," ucap dia.

Dalam peluncuran kedua produk kemarin (30/4), Toyota menargetkan penjualan Raize mencapai 2.000 unit per bulan, sedangkan Rocky 500 unit. Sehingga total penjualan kedua mobil ini mencapai 2.500 unit per bulan. [sya]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini