Ada "Perang Bintang" di GIIAS 2021

Kamis, 4 November 2021 12:48 Reporter : Syakur Usman
Ada "Perang Bintang" di GIIAS 2021 Infografis mobil-mobil baru di GIIAS 2021. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 segera digelar di ICE-BSD City, Tangerang, pada pekan depan (11-21 November).

Menurut data penyelenggara, 30 mobil baru bakal dirilis di pameran otomotif terbesar dan pertama di ASEAN yang digelar kala pandemi Covid-19, termasuk mobil listrik atau electric vehicle (EV).

Meski digelar di masa pandemi, GIIAS tahun ini justru sangat menarik. Sebab banyak mobil baru yang diluncurkan datang dari segmen gemuk pasar otomotif Indonesia, yakni multipurpose vehicle (MPV) dan sport utility vehicle (SUV).

Para peserta pameran "terpaksa" merilis mobil baru tahun ini, akibat GIIAS tahun lalu tidak ada akibat dampak awal pandemi. Alhasil, GIIAS 2021 menjadi pentas pertama dan terakhir bagi merek-merek otomotif berpesta dengan alunan musik "diskon PPnBM" yang segera berakhir pada Desember.

Beberapa model populer yang tampil baru di GIIAS tahun ini adalah sang raja Low MPV, All New Toyota Avanza, bersama kembarannya, All New Daihatsu Xenia. Di segmen Low MPV ini, persaingan bakal sangat sengit, karena Mitsubishi dan Suzuki juga merilis New Xpander dan New Ertiga. Keduanya adalah pesaing terdekat duet Avanza-Xenia ini.

Keempat mobil tersebut bakal paling dilirik pengunjung pameran. Apalagi model-model tersebut masuk kelompok mobil yang mendapat diskon PPnBM dari pemerintah.

Yang tak kalah menarik adalah segmen SUV. Di segmen ini, model baru juga banyak dirilis. Misalnya, Honda mengandalkan All New BR-V dan Mitsubishi dengan New Xpander Cross. Segmen SUV ini baik Kompak SUv maupun Crossover juga semakin panas, akibat kedatangan pendatang baru asal Korea. Hyundai tampak paling serius dengan merilis All New Creta, sementara Kia mengandalkan New Seltos dan Sonet.

Oya, Honda masih punya satu produk yang dirahasiakan dan world premiere di GIIAS ini. Ibarat panggung olahraga, GIIAS 2021 menyajikan perang bintang!

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), menjelaskan GIIAS tahun ini istimewa, selain dilakukan di masa pandemi, juga karena ada kebijakan baru mengenai tarif PPnBM berdasarkkan emisi kendaraan berdasarkan PP No 74/2021 yang efektif per 16 Oktober tahun ini.

"Saya mengajak konsumen otomotif memanfaatkan pameran GIIAS karena model kendaraan yang dapat diskon PPnBM juga diberikan insentif PPnBM emisinya ditanggung pemerintah sampai Desember. Jadi manfaatkan momen GIIAS tahun ini, karena mulai Januari tahun depan mobil yang dapat insentif PPnBM itu pajaknya akan melonjak," ujar Yohannes saat jumpa pers GIIAS 2021 di Jakarta (21/10).

GIIAS 2021 akan berlangsung secara hybrid. Pengunjung bisa mengaksesnya secara online dan offline. Untuk pengunjung offline, pembelian tiket hanya melalui aplikasi mobile GIIAS Auto360. Yuk ke GIIAS 2021! [sya]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini