Ada aksi pinjam-pinjaman mobil antar-tetangga di India

Selasa, 9 Juni 2015 10:36 Sumber :
Ada aksi pinjam-pinjaman mobil antar-tetangga di India Ford Ecosport (foto: cardekho)

Merdeka.com - Rencana pinjam-pinjaman mobil antar pengguna rupanya sudah diujicobakan oleh Ford di Asia Pasifik. Di Bangalore, India, Ford menjalankan sebuah eksperimen mobilitas bersama dengan ZoomCar untuk mengeksplorasi car sharing dalam komunitas tertutup,

"Di kota-kota yang ramai saat ini, memiliki mobil pribadi tidak selalu terjangkau. Kami lalu bereksperimen di AS, Eropa dan Asia Pasifik dalam rangka mengoptimalkan car-sharing dalam meningkatkan mobilitas di seluruh dunia," kata Jim Buczkowski, director, Electrical and Electronics Systems, Research and Advanced Engineering, Ford Motor Company.

Di India sendiri, program pinjam-pinjaman mobil itu berlaku untuk kelompok-kelompok tertutup, seperti rekan kerja, penghuni apartemen atau tetangga, dan keluarga.. Hal ini dapat membantu konsumen yang tidak mampu membeli mobil--atau tidak perlu punya sepenuhnya--merasakan manfaat memiliki sebuah mobil.

Saat ini, eksperimen yang dinamai Bangalore Car-Share itu berjalan menggunakan tiga Ford EcoSport yang telah dilengkapi untuk pengumpulan data. Data yang dikumpulkan selama proyek berlangsung ini akan digunakan untuk menganalisis informasi perjalanan dan perilaku pengguna untuk mengembangkan model untuk penjadwalan kendaraan dan manajemen kepemilikan.

Ford sendiri sebelumnya juga melakukan uji coba serupa di London dengan nama London GoDrive yang termasuk dalam program besar Ford Smart Mobility. Prinsip dari program ini mirip dengan menyewa mobil, tetapi tempat mengambil dan menaruh mobil sudah disediakan.

Syaratnya, menurut situs GoDrive, pengguna terlebih dulu download aplikasi go!drive ke smartphone (khusus iPhone 4 ke atas dengan minimal iOS 7+). Dari sini, pengguna bisa mengetahui lokasi mobil, mengajukan peminjaman, lalu buka pintu dan menyalakan mesin mobil.

Biaya pakainya 10 poundtserling per jam dan sudah termasuk bahan bakar dan asuransi sesuai ketentuan. Pemakaian mobil pun dengan begitu bisa sesuai kebutuhan.

(kpl/why/fjr)


Sumber: Otosia.com
Topik berita Terkait:
  1. Ford
  2. Mobil SUV
  3. Ford EcoSport
  4. India
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini