7 Mobil 'payah' keluaran pabrik terkenal

Senin, 18 April 2016 01:00 Reporter : Indra Cahya
7 Mobil 'payah' keluaran pabrik terkenal Ilustrasi mobil payah. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Tak pernah ada pabrikan mobil yang ingin memproduksi mobil jelek, terlebih lagi perusahaan besar yang punya kredibilitas dalam memproduksi mobil yang berkualitas. Namun tak disangka, hal tersebut terjadi begitu saja.

Banyak hal yang bisa jadi faktor sebuah mobil jadi mobil yang payah; uji ketahanan yang payah, eksekusi yang kurang mumpuni, atau bahkan gagasan awal membuat mobil tersebut yang sebenarnya tak masuk akal. Hal ini yang membuat beberapa mobil sesegera mungkin ingin dilupakan oleh produsen atau konsumennya.

Namun jangan salah, 'kegagalan' dalam memproduksi ini tak selalu dilakukan oleh produsen mobil dengan reputasi biasa-biasa saja. Produsen elit juga sering 'kepeleset' dan memproduksi mobil payah. Berikut beberapa di antaranya.

1 dari 7 halaman

Ferrari Mondial

Ferrari Mondial. ©2016 Merdeka.com

Mobil keluaran 1980 ini dianggap sebagai mobil terburuk yang diproduksi pabrikan asal Italia, Ferrari. layout mid-ending dengan cabin yang mampu menampung empat orang, membuat bentuk dari Ferrari ini cukup 'nanggung.' Tak banyak yang bisa diperbuat dalam pembaharuan mobil ini, dan membuatnya dipandang sebelah mata oleh para pecinta mobil sport.

Meski demikian, banyak juga yang mengidolakan mobil ini berdasarkan keunikannya. lama-kelamaan, justru mobil ini punya banyak sekali penggemar dan keberadaannya dicari oleh para kolektor.

2 dari 7 halaman

Aston Martin Lagonda

Aston Martin Lagonda. ©2016 Merdeka.com

Mobil ini diproduksi dengan tujuan menyeimbangkan pemasukan Aston Martin di era 70an. Didesain dengan memikirkan aspek seni yang tinggi, mobil sedan empat pintu ini jadi harapan Aston Martin dalam penjualan sedan mewah.

Selain itu, mobil ini sudah terbilang canggih di era keluarannya. Dengan berbagai inovasi elektronik yang telah terpasang di dalam mobil sebagai fitur. Desainnya pun terbilang 'cutting-edge' di jajaran mobil mewah sekelasnya.

Sayang desainnya yang 'terlampau unik' serta harganya yang sangat mahal, Lagonda yang ambisius tak seberapa diminati oleh masyarakat.

3 dari 7 halaman

Mercedes-Benz A-Class

Mercedes-Benz A-Class. ©2016 Merdeka.com

Generasi pertama dari Mercedes-Benz A-Class sebenarnya sudah cukup memperlihatkan kegagalan pabrikan asal Jerman ini dalam memproduksi city car. 

Lupakan bentuknya yang mengaburkan gambaran kita tentang mewahnya mobil Mercedes sebelumnya. Bahkan dalam sebuah uji coba 'Swedish moose,' mobil ini gagal. uji coba pada A-Class akhirnya menguak kelemahan A-Class ketika berubah haluan secara tiba-tiba, di mana mobil ini sama sekali tak stabil.

Meski demikian, Mercedes tetap 'ngotot' untuk memperbaharui sistem dan berbagai kekurangan dalam mobil ini. Akhirnya, meski mobil ini sama sekali 'tidak Mercedes-Benz banget,' ia tetaplah mobil kecil yang lincah.

4 dari 7 halaman

Jaguar X-Type

Jaguar X-Type. ©2016 Merdeka.com

Untuk menambah jajaran mobil yang dikeluarkan Jaguar di era awal 2000an, Jaguar bersama Ford, merilis sebuah kreasi layaknya mid-size S-Type dan compact X-Type.

Jadilah sebuah mobil yang terlihat seperti Ford Mondeo dengan versi bodi lebih kecil dari jaguar XJ. Namun, kesan Jaguar dalam mobil ini sudah cukup pudar, baik dari penampilan maupun perasaan ketika mengendarainya.

Dengan mesin yang dipasang melintang serta sistem all-wheel drive yang dipasang di depan, sedan ini jadi seperti layaknya mid-size sedang ketimbang mobil mewah yang seperti ditargetkan Jaguar. Bahkan uji ketahanan pun tak membuat mobil ini lebih baik.

Hasilnya, penjualan yang menurun harus diterima Jaguar atas rilisnya mobil ini.

5 dari 7 halaman

Lexus SC430

Lexus SC430. ©2016 Merdeka.com

Versi original dari Lexus SC sebenarnya punya tujuan untuk mempersolid nama Lexus di kancah otomotif Amerika Serikat. Seperti yang diketahui, Lexus berbasis di Jepang bersama Toyota. SC sendiri dimaksudkan memiliki mesin lincah V8 dengan enam silinder yang lembut. Mewah dan lincah jadi melekat di benak SC.

Namun pembaharuan mengubah segalanya. Ketika SC430 rilis, semua orang punya ekspektasi tinggi terhadap mobil ini, dan nampaknya tak satu pun dari mereka puas.

Meski mobil ini punya mesin V8 dan rear-wheel drive, hardtop convertible ini sangat-sangat berat ketika dikendarai dan punya performa yang buruk. Selain itu, ketika kap dibuka, kapasitas bagasi hampir lenyap hanya untuk menyimpan kap yang terlipat. Hal ini membuat mobil ini sama sekali tak jadi pilihan. Terlebih lagi, harganya juga dipatok setinggi langit.

6 dari 7 halaman

Aston Martin Cygnet

Aston Martin Cygnet. ©2016 Merdeka.com

Ini adalah salah satu mobil yang cukup aneh. Dan yang cukup mengagetkan ternyata ini adalah mobil produksi Aton Martin.

Cygnet sebenarnya diproduksi karena mengikuti regulasi di benua Eropa tentang emisi. Muncullah Cygnet, mobil berbentuk layaknya Toyota iQ dengan gaya eksterior Aston Martin dan interior yang lebih mewah.

Rilisnya mobil ini jadi pukulan parah bagi Aston Martin, pasalnya mobil ini merusak citra penjualan Aston Martin yang selalu impresif. Terjual hanya 300 unit dalam jangka waktu cukup panjang, akhirnya mobil ini berhenti diproduksi.

7 dari 7 halaman

Cadillac Cimarron

Cadillac Cimarron. ©2016 Merdeka.com

Mungkin ide terburuk yang pernah dikeluarkan Cadillac adalah membuat mobil entry level dengan status mewah. Hasilnya adalah mobil yang berbasis platform J-Body yang didukung model mobil mewah seperti Pontiac Sunbird dan Chevrolet Cavalier, Cadillac Cimarron rilis di awal 80an dan bermaksud jadi mobil mewah a la pabrikan Jerman.

Tak seperti yang diinginkan produsen, segala hal dari mobil ini jatuh. Kualitas mesin, kenyamanan kemudi, serta desain, sama sekali tak membuat konsumen tertarik. Banyak yang menjadikan mobil ini sebagai mobil terburuk yang dikeluarkan oleh pabrikan-pabrikan papan atas. Tak heran jika angka penjualan mobil ini tak terlalu bagus.

[idc]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini