7 Merek mobil yang merupakan jagoan di kala mudik!

Kamis, 30 Juni 2016 00:01 Reporter : Indra Cahya
7 Merek mobil yang merupakan jagoan di kala mudik! Datsun GO+ T-Style (varian spesial Lebaran). ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Mudik adalah hal yang dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia menjelang datangnya hari raya Idul Fitri. Momen bertemu dengan keluarga dan handai taulan adalah hal yang ditunggu-tunggu datangnya sepanjang tahun.

Tak heran dalam mempersiapkan agenda tahunan ini, banyak masyarakat bahkan menjadikan momen ini untuk membeli mobil baru. Hal ini dikarenakan mereka ingin membuat perjalanan mereka lebih aman dan nyaman, serta bisa sampai tujuan tanpa halangan apapun dari aspek transportasi.

Tentu kriteria seperti iritnya BBM, mesin dengan kekuatan prima, atau terkadang tampilan eksterior dan interior yang mewah justru jadi pilihan konsumen untuk pulang mudik. Jauhnya jarak yang ditempuh pun ternyata jadi pertimbangan para konsumen untuk berburu kendaraan yang terbaik.

Berikut beberapa merek mobil yang bisa jadi teman Anda dalam menjalani mudik tahun ini. Mari kita simak ulasannya.

1 dari 7 halaman

Honda New Brio Satya

Honda Brio. ©2016 Merdeka.com

Selain jadi yang paling gaya di kelasnya, Honda New Brio Satya yang merupakan LCGC atau mobil Low Cost Green Car, tentu didesain untuk menjadi lebih irit ketimbang mobil lain. Selain itu jika Anda merupakan keluarga kecil saja, mobil ini bisa jadi pilihan yang irit, lincah serta gaya untuk mudik.

Selain itu, Mesin i-VTEC 1.2 liter dengan tenaga maksimal 90 ps per 6.000 rpm dan torsi 110 NM per 4.800 rpm yang merupakan terbesar di kelasnya, plus transmisi CVT membuat New Brio Satya mampu lebih responsif menghadapi medan jalur mudik yang terkadang naik turun.

Transmisi CVT juga sangat membantu perpindahan gigi yang halus, dengan tanpa sedikitpun hentakan dan lag. Hal ini akan membuat momen mudik Anda lebih aman dan nyaman tentunya.

2 dari 7 halaman

Nissan March

Nissan March. Telegraph.co.uk

Mobil pabrikan Jepang ini juga dikenal paling gaya jika beredar di jalanan. Namun tak cuma mengandalkan gaya, Nissan March memiliki suspensi yang digadang-gadang paling nyaman serta lembut. Disebut-sebut, kaki-kaki yang ada pada mobil ini mampu meredam goncangan dengan baik.

Memang sih, kapasitas mesinnya yang 1,2L 3 silinder, tak terlalu unggul dari segi kecepatan. Mobil ini mampu menempuh jarak 100km/jam dalam waktu 15,8 detik, dengan tenaga yang dikeluarkan sejumlah 79 hp dengan torsi 120 Nm. Anda boleh bilang kalau kecepatan memang bukan unggulan dari March. Namun dari segi konsumsi bahan bakar, Nissan March unggul. Di jalan tol, Nissan March cuma mengonsumsi satu liter bahan bakar untuk perjalanan sejauh 15,4 kilometer. Harga pun dibanderol tak lebih dari 160 Juta rupiah.

Pilihan yang oke untuk mudik bukan?

3 dari 7 halaman

Datsun GO+ Panca

Datsun GO+ T-Style (varian spesial Lebaran). ©2016 Merdeka.com

Jika Anda ingin memacu kendaraan dengan lebih kencang di mudik kali ini, mungkin salah satu pabrikan Jepang, Datsun, bisa jadi pilihan. Yap, Datsun GO dilengkapi mesin 1.2L yang bertenaga sekaligus terbesar di kelasnya, menggunakan teknologi  'perfect circle bore machining' yang diadaptasi dari mesin mobil balap, memberikan power dan tenaga maksimum. Tarikan yang mantap dan sistem counterbalance yang mampu meminimalisir kebisingan, membuat Datsun GO+ adalah yang paling mantap di kelas LCGC.

Datsun sendiri mengklaim bahwa meskipun memiliki mesin 1.2L yang bertenaga dan terbesar di kelasnya, konsumsi bahan bakar Datsun GO sangat efisien.

Selain itu, performa yang kuat juga jadi andalan Datsun GO. Hal ini dikarenakan dalam salah satu event yang diadakan Datsun, Datsun berhasil melalui lebih dari 15.000 kilometer perjalanan di Jawa, Bali, NTB, Sulawesi, Kalimantan dan Sumatra, dengan menggunakan unit kendaraan Datsun GO+ Panca yang sama.

Harganya yang hanya 100 Jutaan, membuat Datsun Go+ Panca merupakan pilihan mudik paling cerdas.

4 dari 7 halaman

Nissan Grand Livina X-Gear

Nissan Grand Livina. © fastmotoring.com

Satu lagi dari keluarga Nissan, yang tentu cocok jika Anda mudik dengan satu keluarga besar atau membawa banyak barang. Nissan Grand Livina X-gear. Yap, jika Anda lebih cinta mobil MPV, maka Nissan Grand Livina X-Gear pilihan mobil mudik yang tepat untuk Anda.

Soal konsumsi bahan bakar, mobil buatan Jepang memang dikenal irit karena sudah dilengkapi dengan teknologi CVT atau Continuous Variable Transmission.

Dengan teknologi tersebut, Nissan Grand Livina X-Gear pengusung mesin 1.498cc 4 silinder bertenaga 109 hp ini memiliki konsumsi BBM sebesar 12,8 km/l dalam kota dan 18,4 km/l untuk luar kota. Irit untuk kendaraan MPV pengusung mesin kelas menengah.

Selain itu, perpaduan dan mesin 1.498cc dan suspensi yang empuk yang membuat MPV ini dikenal sebagai 'Highway Star' atau bintang jalan tol. Hal ini tentu membuat Grand Livina adalah pilihan yang tepat untuk mudik Anda tahun ini.

5 dari 7 halaman

Chevrolet Trax

Chevrolet TRAX. ©2016 Merdeka.com

Tak cuma menarik untuk menjelajah kota, tipe mini SUV juga cocok, lho, untuk mudik. Dengan mesin turbocharged 1.4 liter ecoted bertenaga 140 hp dengan transmisi manual 6-speed, membuat mobil ini lebih responsif dan bertenaga. Selain itu, transmisi otomatis jadi lebih kembut dengan tiptronic.

Spesifikasi mumpuni tersebut masih dipadu dengan rasio perpindahan gigi yang optimal yang memberikan keseimbangan antara performa yang mantap dan iritnya bahan bakar.

Menariknya, jika Anda membawa banyak barang di mudik Anda kali ini, Chavy Trax memberikan ruang yang luas untuk membawa semua perlengkapan sesuai yang Anda inginkan. Kursi belakang Trax secara fleksibel dapat dilipat rata dengan konfigurasi split 60/40, yang bisa memberikan Anda ruang cargo tambahan hingga mencapai 1,370 Liter. Menarik bukan?

6 dari 7 halaman

Honda BR-V

Honda BR-V. Motorbeam.com

Dari tampilan luarnya saja, Honda BR-V sudah sangat tangguh untuk menghajar berbagai medan. Tentu mudik akan terasa lebih 'enteng' dengan memacu SUV keluaran terbaru Honda ini.

Dengan mesin 1.5 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 katup i-VTEC + DBW, Honda BR-V mampu menyediakan performa tinggi yang diimbang konsumsi bahan bakar yang efisien. Diklaim sebagai crossover 7 seater yang tangguh di segala medan, Honda BR-V punya kelebihan di desainnya yang gagah, interior premium, serta fitur keselamatan kelas tinggi.

7 dari 7 halaman

Grand New Avanza

Grand New Avanza. ©2015 YouTube.com/Febri Ardani

Penerapan mesin dual VVT-i yang dipasang ke Grand New Avanza dan Grand New Veloz, membuat dua MPV keluaran Toyota ini adalah yang paling unggul untuk mudik karena keiritannya.

Iritnya konsumsi dua MPV terbaru Toyota ini sendiri dikarenakan penggunaan teknologi dual VVT-i di mesinnya yang berfungsi mengurangi power lost sehingga secara otomatis konsumsi bahan bakar lebih efisien dibanding mesin generasi Toyota Avanza sebelumnya. Selain lebih irit, Toyota juga mengklaim jika mesin Grand New Avanza dan Grand New Veloz ini lebih minim getaran sehingga kenyamanan di dalam kabin pun semakin bertambah karena tak terganggu getaran mesin dan polusi suara yang ditimbulkan mesin juga terkurangi.

Sudah memiliki pilihan untuk mudik?

  [idc]

Baca juga:
Ini 3 skenario Kemenhub urai kemacetan selama mudik Lebaran
Pemudik kapal laut mulai padati Pelabuhan Tanjung Priok
Polda Jabar prediksi puncak arus mudik terjadi pada H-4 dan H-3
Hujan akan terus terjadi di selatan Jateng, pemudik diimbau waspada
Hindari pencurian saat mudik, titipkan ke Pegadaian

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini