7 Kendaraan dengan desain tergila yang pernah turun ke jalanan

Selasa, 16 Juni 2015 00:04 Reporter : Dwi Zain Musofa
7 Kendaraan dengan desain tergila yang pernah turun ke jalanan 7 Kendaraan dengan desain tergila. TheRichest.com

Merdeka.com - Sejak pertama kali meluncur di jalanan, sudah banyak varian mobil yang beredar dan dirilis ke pasaran. Mulai dari model single-seater hingga mobil berukuran besar semisal dump-truck yang bisa memuat barang hingga berat puluhan ton.

Memang sebagai alat transportasi, kendaraan berpenggerak mesin memang tak bisa dipisahkan dari manusia. Bahkan dengan kreativitas tak terbatas, muncul lah beberapa mobil dengan desain tergila yang benar-benar eksis dan pernah atau masih digunakan hingga kini. Berikut 7 kendaraan dengan desain tergila yang pernah turun ke jalanan.

1 dari 7 halaman

LCC-1 Sno-Train

sno train rev2LCC-1 Sno-Train. TheRichest.com

Salah satu mobil dengan desain rancang paling 'gila' yang pernah dibuat adalah LCC-1 Sno-Train. LCC (Logistic Cargo Carrier) ini merupakan kendaraan tentara Amerika Serikat yang dibuat untuk mengatasi cuaca di wilayah kutub utara.

Mobil ini dibuat dengan sistem 6x6 dengan mengusung mesin bertenaga 600hp. Dilengkapi dengan ban besar LCC-1 ini mampu mengantarkan logistik para tentara Amerika Serikat hingga 45 ton sekali jalan.

Topik pilihan: Tips Otomotif | Modifikasi Otomotif

2 dari 7 halaman

Fordson Snow Devil

devil rev2Fordson Snow Devil. TheRichest.com

Salju memang menjadi masalah bagi pengendara mobil, terlebih salju yang menutupi jalan memiliki ketebalan yang tinggi.

Untuk mengatasi hak ini, sekumpulan ahli mekanik di California Utara berhasil membuat mobil penakluk salju bernama Fordson Snow Devil. Dengan memodifikasi mesin traktor Fordson, bannya pun diganti alat penggerak serupa mata bor yang membuatnya dapat bergerak dengan mudah di atas tumpukan salju.

Topik pilihan: Foto Unik Otomotif | Pameran Otomotif

3 dari 7 halaman

GAZ-VM

rev2GAZ-VM. TheRichest.com

Mobil klasik Ford terutama Ford Model B yang dibuat di era 1930an sempat menjadi favorit para bangsawan. Namun datangnya masa perang dunia ketiga setelahnya membuat pabrikan GAZ-M asal Rusia menghadirkan versi ekstrem dari mobil ini dengan nama GAZ-VM.

Tak tanggung-tanggung, mobil yang dirilis untuk keperluan perang ini hadir dengan ban belakang diganti roda snowmobile yang membuatnya bisa bergerak hampir di segala kondisi jalanan dari musim panas hingga musim dingin yang penuh salju.

Mobil ini sendiri disebut telah dibuat lebih dari 100 unit selama masa perang dunia kedua sebagai kendaraan para orang penting Rusia.

Topik pilihan: Motor Modifikasi | Tips Motor

4 dari 7 halaman

Rolligon Vehicles

rev2Rolligon Vehicles. TheRichest.com

Topik pilihan: Tips Otomotif | Modifikasi Otomotif

Mungkin di keseharian Anda sering melihat truk ekspedisi. Berbicara truk ekspedisi, maka Alaska memiliki varian istimewa.

Berhadapan dengan cuaca ekstrem dan juga medan es yang tak bersahabat, Alaska memiliki truk ekspedisi khusus bernama Rolligon. Kendaraan satu ini menggantikan ban dari karet keras dengan ban karet yang bisa melibas daratan es dengan lebih lincah.

Mobil ini sendiri berhasil dibuat dengan inspirasi alat transportasi suku Eskimo. Dengan roda yang terbuat dari ban yang elastis, maka permukaan es, tumpukan batu, dan juga pohon tumbang tak akan menghalangi laju mobil satu ini.

5 dari 7 halaman

ZIL 49061 Bluebird

bluebird rev2ZIL 49061 Bluebird. TheRichest.com

Salah satu kendaraan andalan Rusia untuk medan ekstrem adalah ZIL 49061 Bluebird. Mobil dengan ban besar dengan sistem penggerak 6x6 ini mampu melibas segala kondisi jalanan.

Selain itu, mobil ini juga bisa bersifat amfibi sehingga tak hanya bisa melaju di daratan tapi juga bisa berubah jadi perahu motor kala masuk ke dalam perairan.

Topik pilihan: Foto Unik Otomotif | Pameran Otomotif

6 dari 7 halaman

Tsar Tank

rev2The Tsar Tank. TheRichest.com

Rusia kembali memasukkan satu perwakilan kendaraannya di deretan pemilik desain paling 'gila' di dunia. Kali ini adalah Tsar tank yang mana mengombinasikan kekuatan tank dengan roda besinya dan alat pengangkut segala hal untuk keperluan logistik di masa perang dunia pertama.

Memiliki dua roda raksasa berdiameter 27 kaki, kendaraan ini diklaim bisa mengangkut segala kebutuhan perang saat itu. Namun sayang, rodanya yang besar justru menjadi objek mencolok bagi lawan, sehingga Tsar Tank batal digunakan dalam masa perang tersebut.

Topik pilihan: Tips Motor | Motor Modifikasi

7 dari 7 halaman

Mattracks

Mattracks. TheRichest.com

Membutuhkan ambulance untuk misi penyelamatan di medan yang sulit dijangkau? Mungkin Mattracks bisa jadi solusi.

Mobil ambulance buatan pabrikan Karlstad yang berbasis di Mennesota ini mengganti seluruh roda konvensionalnya dengan sistem penggerak mirip tank. Hebatnya, sistem penggerak ini disebut bisa diterapkan di semua mobil tentu dengan sedikit penyesuaian.

Namun dengan roda ini, maka hampir segala permukaan jalan dapat dilibas dengan mudah. [dzm]

Baca juga:
Ini 5 city car paling laris di Indonesia selama 2015

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini