Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Motor sport garang ini bakal hadir di 2015

5 Motor sport garang ini bakal hadir di 2015 5 Motor sport bengis terbaru ini bakal hadir di 2015. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - 2015 diperkirakan bakal jadi tahun yang panas bagi persaingan motor sport 1.000 cc. Dari gelaran pameran otomotif kelas dunia di akhir 2014 ini, terungkap banyak varian baru di kelas ini yang bakal meluncur mulai awal 2015 mendatang.

Tercatat dari ajang Cologne Show di Jerman pada Oktober dan EICMA 2014 di Milan awal bulan ini telah menghadirkan beberapa motor 1.000 cc terbaru dari pabrikan ternama seperti Ducati, Yamaha, Kawasaki, Honda, dan Suzuki.

Penasaran motor sport bengis bertenaga besar terbaru yang bakal keluar mulai awal 2015 mendatang? Berikut ulasan selengkapnya.

Honda RC213V-S

Di tengah makin panasnya persaingan motor sport kelas wahid menjelang berakhirnya tahun 2014, Honda ternyata tak mau kalah dengan meluncurkan motor MotoGP RC213V versi jalanan dengan nama RC213V-S.

Dikembangkan langsung oleh para teknisi MotoGP dari tim Repsol Honda, motor prototype ini resmi diperkenalkan di ajang EICMA 2014 yang diselenggarakan di Milan, Italia.

Sayangnya dalam acara perilisan tersebut masih belum diungkap spesifikasi mesin dan teknologi yang bakal diusung oleh motor RC123V versi jalanan ini. Namun kuat diperkirakan jika motor ini sudah mengusung mesin 1.000 cc berbasis tunggangan Marc Marquez di ajang MotoGP.

Yamaha YZF R1 2015

Tak ingin kalah dengan Honda, Yamaha juga memperkenalkan motor sporr 1000 cc terbarunya. Menjadi penerus dari Yamaha YZF R1, New YZF R1 2015 hadir dengan desain dan mesin baru yang diklaim lebih impresif dibanding varian sebelumnya.

Dirilis di ajang EICMA 2014, YZF R1 sendiri hadir dengan mesin baru berkonsep crossplane inline 4-silinder dengan kubikasi sebesar 998cc 4-valve. Mesin ini diklaim bisa menghasilkan tenaga sebesar 200 PS.

Selain itu, Yamaha YZF R1 ini juga didukung dengan beberapa fitur handal yang diturunkan langsung dari ajang balap MotoGP seperti sasis Deltabox, ABS, slipper clutch, sistem elektronik seperti anti-wheelie, launch control, a quickshifter, dan juga velg magnesium dengan berat ringan.

Untuk harganya sendiri, New Yamaha YZF R1 diperkirakan akan keluar di pasaran dengan dibanderol di kisaran 16.000-17.000 Euro atau setara Rp 240-260 jutaan.

Kawasaki Ninja H2

Kawasaki juga ikut memanaskan ajang EICMA 2014 dengan meluncurkan Ninja H2, motor versi jalanan dari Ninja H2R akhirnya resmi diperkenalkan dengan power yang lebih rendah, turun dari 300 bhp menjadi 210 bhp.

Selain itu, Ninja H2 ini juga telah dilengkapi dengan headlight, rear light, kaca spion, lampu sein, serta braket nopol sebagai komponen wajib motor jalanan.

Seperti dilansir Motorcyclenews (4/11), Kawasaki Ninja H2 ini juga mengusung muffler yang lebih panjang dibandingkan dengan versi racingnya untuk memenuhi standar emisi gas buang dan juga mengurangi polusi suara dari raungan mesin 998cc yang diusungnya.

Meski mengalami pengurangan dari segi power, namun kawasaki Ninja H2 ini tetap menjadi salah satu motorsport 1000cc bertenaga beringas dengan tambahan Air Ram yang diusungnya. Untuk menunjang performa mesinnya, Kawasaki juga telah menyematkan beberapa fitur kelas wahid seperti traction control, launch control, dan engine brake control.

Berbicara terkait harga, Kawasaki diperkirakan bakal membanderol Ninja H2 di kisaran 25 ribu Euro atau setara Rp 380 juta dan bakal mulai memasarkan motor sport 1000cc mereka ini di awal 2015 mendatang.

Ducati 1299 Panigale

Untuk tetap mempertahankan pabrikannya sebagai salah satu yang terbaik di pasar motor sport 1.000cc dunia, Ducati juga merilis versi terbaru dari varian 1299 Panigale dengan perombakan teknologi untuk membuatnya tetap kompetitif di 2015 nanti.

Seperti dirilis Motorcyclenews (4/10), Ducati 1299 Panigale terbaru ini resmi dirilis di ajang EICMA 2014. Dilihat dari segi desan, nampak ada perombakan di bagian muffler dan buritan dari versi sebelumnya.

Namun, senjata asli dari New Ducati Panigale 1299 ini sendiri terletak dalam jeroannya yang kini dijejali beberapa fitur dan teknologi yang lebih canggih.

Versi terbaru Ducati 1299 Panigale ini sudah dilengkapi dengan sistem elektronik seperti ABS, anti-wheelie, teknologi quickshifter yang bekerja baik saat turun gigi atau pun naik gigi,semi-active suspension, engine braking control, traction control, dan beberapa pilihan riding mode. Untuk memudahkan kontrol berbagai teknologi ini oleh pengendaranya, Ducati telah memusatkan kendali berbagai sistem elektronik tersebut dalam fitur Inertial Measurement Unit (IMU).

Dengan bantuan sistem elektronik yang lebih mutakhir, Ducati mengklaim jika tenaga 1299 Panigale kini meningkat 10 bhp  hingga menyentuh angka 205 bhp dan torsi juga terkerek naik 10 persen menyentuh angka 106,6 lbft.

Ducati 1299 Panigale terbaru ini sendiri bakal hadir di 2015 dengan dibanderol 17 ribu Euro atau sekitar Rp 258 juta.

Suzuki GSX-S1000

Tak mau kalah dengan Kawasaki, Honda, dan Yamaha, pabrikan Jepang lainnya, Suzuki juga menghadirkan varian motor sport terbaru yang menggendong mesin 1000cc.

Mengusung nama GSX-S1000, motor sport ini hadir dalam dua varian yaitu full fairing dan naked-bike di ajang Cologne Show 2014. Sayangnya, GSX-S1000 ini hadir dengan teknologi dapur pacu yang sama dengan GSX-R1000 buatan tahun 2008. Meski memiliki garis desain tegas dan sangat sporty, namun Suzuki mengklaim jika motor ini masih nyaman untuk dijadikan motor harian.

(mdk/dzm)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Perusahaan Inggris Ciptakan Miniatur Mobil Sport yang Harganya Lebih Mahal dari Mobil Asli

Perusahaan Inggris Ciptakan Miniatur Mobil Sport yang Harganya Lebih Mahal dari Mobil Asli

Baru-baru ini, Amalgam memproduksi miniatur mobil sport yang lebih mahal dari harga mobil asli. Yuk, simak fakta lengkapnya!

Baca Selengkapnya
Daftar Mobil dan Motor Terbaik 2023 versi Forwot, termasuk Mobil Legendaris Indonesia

Daftar Mobil dan Motor Terbaik 2023 versi Forwot, termasuk Mobil Legendaris Indonesia

Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) merilispara pemenang setiap kategori Forwot Cars dan Motorcycle of the Year 2023, kemarin.

Baca Selengkapnya
Inilah Finalis Mobil dan Sepeda Motor Terbaik Indonesia versi Forwot

Inilah Finalis Mobil dan Sepeda Motor Terbaik Indonesia versi Forwot

Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) kembali bikin pemilihan mobil dan sepeda motor terbaik, setelah hiatus 3 tahun akibat pandemi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Daftar Harga dan Spesifikasi Mobil Mitsubishi Pajero Sport Maret 2024

Daftar Harga dan Spesifikasi Mobil Mitsubishi Pajero Sport Maret 2024

Daftar lengkap harga dan spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport untuk bulan Maret 2024. Yuk simak!

Baca Selengkapnya
Selalu Perhatian dengan Barang Pemilik Motor yang Tertinggal, Aksi Amanah Tukang Parkir Ini Banjir Pujian

Selalu Perhatian dengan Barang Pemilik Motor yang Tertinggal, Aksi Amanah Tukang Parkir Ini Banjir Pujian

Bekerja sepenuh hati membuat pekerjaan terasa lebih ringan dan mendapat buah baik.

Baca Selengkapnya