5 Mobil SUV dengan efisiensi bahan bakar yang juara!

Sabtu, 16 Juli 2016 01:59 Reporter : Indra Cahya
5 Mobil SUV dengan efisiensi bahan bakar yang juara! Chevrolet TRAX. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Dalam memilih mobil untuk digunakan sehari-hari, setiap orang mempunyai standar ideal sendiri untuk menentukan kendaraan apa yang akan dipakainya. Berbagai kriteria seperti mesin dengan kekuatan prima, tampilan eksterior dan interior, serta iritnya BBM adalah yang paling umum jadi pertimbangan.

Karena harga mobil yang sama sekali tak murah, pertimbangan jadi makin berat. Pada akhirnya iritnya BBM pun jadi pilihan. Soal jenis, SUV juga jadi yang paling banyak dipilih karena paling efisien dari segi kapasitas.

Jadi, jika Anda merupakan keluarga yang sering bepergian bersama pasangan dan buah hati, terlebih lagi seringkali membawa banyak barang, SUV tentu lebih efisien ketimbang sedan. Dari segi bahan bakar pun, SUV tentu lebih ekonomis.

Berikut adalah beberapa daftar merek SUV dengan bahan bakar paling ekonomis, berdasarkan daftar yang dirangkum oleh situs consumerreprts.org.

1 dari 5 halaman

Toyota RAV4

Toyota RAV4. ©2014 Otosia.com

Toyota RAV4 boleh jadi bisa dibilang berbeda dengan produk SUV keluaran Toyota lainnya. Pasalnya Toyota RAV4 merupakan barang impor yang CBU, atau Completely Build Up dari Jepang. Mobil ini masuk Indonesia dalam keadaan sudah lengkap, karena proses produksi dan finishing telah selesai dilakukan di Jepang.

SUV yang telah mencapai generasi ketiga di tahun 2014 silam ini punya tampilan eksterior yang nampak berbeda dan lebih untuk ketimbang keluaran Toyota lainnya. Namun cukup dengan berbagai tampilan luar dalam yang tak perlu dipertanyakan lagi, Toyota RAV4 pun juga ciamik dalam segi dapur pacu. Kapasitasnya yang cukup besar ternyata menghasilkan performa tangguh namun mampu efisien bahan bakar.

Dengan mesin DOHC 16 Katup dengan 4 silinder segaris berkapasitas 2.5 liter, 176 HP pada 6.000 RPM, serta torsi maksimal mencapai 233 Nm pada 4.100 RPM, Toyota RAV4 cocok untuk jalanan perkotaan, namun tidak ngos-ngosan di jalanan off road karena torsinya yang besar. Diimbangi dengan Electronic Fuel Injection, semprotan bahan bakar akan tetap efisien namun tetap memberi performa optimal.

2 dari 5 halaman

Chevrolet Trax

Chevrolet TRAX. ©2016 Merdeka.com

Dikenal sebagai saingan utama dari Honda HR-V, Chevrolet Trax memang punya kelas dan harga yang cukup sama dengan kompetitornya tersebut. Terlebih lagi jika melihat soal konsumsi bahan bakar, mobil dari pabrikan asal Amerika Serikat ini juga berada di ranah yang efisien.

Mesin ECOTEC 1.364 cc turbo yang mampu menghasilkan 140 dk dan torsi 220 Nm dari Chevrolet Trax, ternyata terhitung sangat irit di jalanan perkotaan. Torsi yang dihasilkan mesin dari Trax membuat pengemudi tak perlu menginjak pedal gas terlalu dalam untuk melaju di kecepatan rendah hingga menengah, yang mana jadi keadaan lalu lintas kota.

Selain itu, di jalanan tol pun Trax juga irit, karena transmisi otomatis 6-speed yang dimilikinya, menyumbang putaran yang rendah pada mesin.

3 dari 5 halaman

Ford Escape

Ford Escape. © Carscoops.com

Ford Escape adalah mobil klasik yang seringkali mengalami regenerasi. Regenerasi tersebut juga membawa Ford Escape jadi makin baik dari sebelumnya, Bahkan Ford sendiri mengklaim SUV ini punya performa yang lebih baik dan siap untuk diuji coba bandingkan dengan merek lain.

Dengan mesin berkapasitas paling kecil varian 1.600cc dengan 4 silinder, sebenarnya performa sudah tak perlu dipertanyakan. Namun yang membuatnya istimewa adalah teknologi EcoBoost khas Ford yang digadang-gadang adalah teknologi penting yang membuat bahan bakar jadi irit. Teknologi turbo, injektor BBM langsung, dan katup variabel ini membuat mantapnya tenaga akselerasi diimbangi efisiensi. Hal ini membuat Ford Escape baik di jalanan bebas hambatan.

4 dari 5 halaman

Hyundai Santa Fe

Hyundai Santa Fe Facelift. Carscoops.com

Hyundai Santa Fe memiliki dua pilihan mesin yakni 2.199 cc 4-silinder untuk diesel dan 2.359 cc 4-silinder untuk yang berbahan bakar bensin. Mesin diesel dari mobil pabrikan Korea Selatan ini, mampu menghasilkan tenaga 197 dk pada 3.800 rpm. Sedangkan di tipe bensin, tenaganya sedikit lebih kecil yakni 176 dk pada 6.000 rpm.

Torsi Hyundai Santa Fe mempunyai torsi maksimum 421 Nm pada 1.800-2.500 rpm. Sedangkan varian bensin, torsinya hanya 226 Nm di 3.750 rpm. Kedua mesin tersebut sama-sama disalurkan tenaganya melalui transmisi otomatis 6-speed dengan penggerak roda depan.

melihat spesifikasi itu saja, Hyundai Santa Fe punya mesin yang lebih unggul ketimbang kompetitornya. Dari segi akselerasi di perkotaan maupun tol pun juga tak kalah. Terlebih lagi terdapat Mode eco dan cruise control yang menjaga kecepatan konstan sehingga BBM bisa makin irit dan sangat direkomendasikan bagi mereka yang hobi road trip di perjalanan jauh.

5 dari 5 halaman

Mazda CX-5

Mazda CX-5. © Paultan.org

Seringkali dibanding-bandingkan dengan Honda CR-V, mungkin Mazda CX-5 sedikit lebih tak populer ketimbang saingannya sesama mobil Jepang tersebut. Namun jika menilik dari segi efisiensi bahan bakar, jangan pandang dengan sebelah mata terlebih dahulu.

Terkenal dengan teknologi mesin SKYACTIV a la Mazda, CX-5 tentu akan mendapat tenaga dan torsi yang lebih besar, serta efisiensi bahan bakar yang relatif baik dan seimbang dengan performa mesinnya.

Jangan khawatir untuk tak bisa memacu CX-5 dengan lega, karena mesin dengan daya maksimal mencapai 187 PS pada 5.700 rpm, dan torsi puncak hingga 250 Nm di putaran 3.250 rpm, tentu angka ini cukup mantap mengingat konsumsi bensin yang juga efisien.

  [idc]

Baca juga:
Begini jadinya jika Superhero Marvel dan DC dalam bentuk mobil
Tak mampu beli Honda Civic Sedan terbaru? 5 Mobil ini solusinya!

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini