Resmi absen di MotoGP Jerez, Rins digantikan Tsuda

Jumat, 28 April 2017 10:06 Sumber :
Resmi absen di MotoGP Jerez, Rins digantikan Tsuda Alex Rins (c) Suzuki

Merdeka.com - Suzuki Ecstar akhirnya secara resmi menunjuk salah satu test rider-nya, Takuya Tsuda untuk menggantikan pembalap debutannya yang cedera, Alex Rins untuk MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez pada 5-7 Mei mendatang. Rider asal Jepang ini juga akan diturunkan pada uji coba pascabalap di tempat yang sama pada hari Senin (1/5).

Rins yang tengah menjalani penyembuhan keretakan engkel kanan akibat kecelakaan motocross usai MotoGP Qatar, justru dirundung cedera patah sekaligus dislokasi tulang radius dan ulna pada lengan bawah kirinya akibat terjatuh pada sesi latihan bebas ketiga MotoGP Austin, Texas akhir pekan lalu.

Terpaksa absen di Austin, Rins segera dipulangkan ke Barcelona untuk menjalani pemeriksaan medis lanjutan. Ia pun sukses menjalani operasi penanaman dua plat titanium, yang dipimpin Dr. Xavier Mir di University Hospital Dexeus pada Kamis (27/4). Demi menjalani proses pemulihan yang optimal, Suzuki memintanya absen di Jerez.

Masa rehabilitasi Rins dipastikan akan berjalan selama 10 hari, namun lama masa penyembuhannya belum bisa ditentukan. Meski begitu, Dr. Mir mengestimasi waktu yang dibutuhkan rider berusia 21 tahun itu adalah selama 6-8 pekan, yang berarti ia terancam absen kembali di Le Mans, Prancis pada 19-21 Mei nanti.

Melalui pernyataan resmi tim, Suzuki Ecstar pun membeberkan pihaknya akan menurunkan Tsuda sebagai pengganti Rins. Rider berusia 31 tahun yang pernah turun di All Japan Championship dan Suzuka 8 Hours ini pun akan menjalani debut balapnya di MotoGP, bertandem dengan Andrea Iannone.

Pernyataan Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio:

Kami sangat senang operasi Alex berjalan lancar, inilah yang terpenting. Mulai sekarang ia menjalani masa pemulihan, tapi kami akan menunggunya sampai 100% dan kami ingin ia segera kembali ke atas GSX-RR untuk menunjukkan semua talentanya. Sayangnya, kami harus mencari penggantinya. Kami pun memutuskan memberikan motornya kepada Takuya Tsuda, test rider kami yang akan mendapat kesempatan pertama menjalani balapan MotoGP sesungguhnya. Kami akan mencoba memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan motor lebih jauh. Saya mengharapkan pemulihan yang cepat dan baik bagi Alex. Kami akan menunggunya, dan kami akan berusaha mempersiapkan motor terbaik saat ia kembali. (sr/kny)


Sumber: Bola.net
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini