Presiden IOC Sambut Baik Keinginan Indonesia jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

Rabu, 16 November 2022 16:46 Reporter : Merdeka
Presiden IOC Sambut Baik Keinginan Indonesia jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036 Erick Thohir bertemu IOC. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Komite Olimpiade Internasional (IOC) menyambut baik keinginan Indonesia menggelar Olimpiade 2036. IOC menunggu pencalonan resmi dari Indonesia, sebelum mengambil keputusan.

"Kami ucapkan terima kasih besar kepada Presiden Joko Widodo yang memberikan dukungan terhadap netralitas politik dalam olahraga, serta kuatnya persatuan yang tercipta dari Olimpiade," kata Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach.

"Dalam semangat ini, IOC menerima kesiapan Indonesia menggelar Olimpiade dan Paralimpiade 2036 di ibu kota baru Indonesia Nusantara."

Bach mengaku terkesan dengan visi Jokowi. Ditambah rencana jangka panjang pembangunan ibu kota baru yang disebut bakal dijadikan lokasi Olimpiade. Pembangunan kota yang ramah lingkungan dengan penekanan terhadap kesehatan dan olahraga.

Komisi Calon Tuan Rumah Olimpiade IOC selanjutnya akan berhubungan dengan Erick Thohir (anggota IOC) dan Presiden Komite Olimpiade Nasional Raja Sapta Oktohari untuk menindaklanjuti niat Indonesia.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo menyatakan Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal menjadi lokasi penyelenggaraan pesta olahraga terakbar dunia tersebut.

"Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olympics 2036 di Ibu Kota Nusantara,” ujarnya saat memberi keterangan di Hotel Apurva Kempinski, Badung, Bali, Rabu (16/11).

Presiden Jokowi juga menegaskan, sebagai Ketua KTT G20 tahun 2022, ia bersama jajaran pemimpin G20 lain menggarisbawahi pentingnya olahraga. Tak hanya untuk tujuan kesehatan, aktivitas tersebut juga dinilai memiliki peran krusial dalam mempersatukan dunia.

"Saya, sebagai Ketua G20 2022, bersama pemimpin G20 lainnya menekankan pentingnya peran olahraga untuk kesehatan dan dapat mempersatukan dunia, terutama pada saat ini," sambung Presiden RI dalam kesempatan yang sama.

Menteri BUMN Erick Thohir menilai kehadiran FIFA dan IOC merupakan bentuk dukungan dunia terhadap kemajauan olahraga Indonesia. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi yang stabil dan prospek market yang luas juga membuat kedua organisasi internasional optimistis terhadap perkembangan sektor olahraga di Tanah Air.

"Sejak pembukaan G20 ini, semua negara memberikan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo dan Indonesia atas kemajuan dan prospek masa depan Indonesia," ujar Erick Thohir usai menjamu menjamu Presiden IOC, Thomas Bach dan Presiden FIFA, Gianni Infantino di sela-sela G2- Leaders's Lunch di Apurva, Bali, Selasa (15/11).

Menurut Erick, kemajuan olahraga sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan pasar yang besar.

"Maka IOC dan FIFA juga melihat hal serupa dan keduanya siap memberikan dukungan bagi olahraga kita," tutup Erick.

[noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Olimpiade
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini