Mengenal prinsip pertolongan pertama bersepeda gunung

Kamis, 5 Mei 2016 08:00 Reporter : Iwan Tantomi
Mengenal prinsip pertolongan pertama bersepeda gunung Mengenal prinsip pertolongan pertama bersepeda gunung ©shutterstock

Merdeka.com - Jangan bayangkan di gunung ada paramedis yang datang dengan sigap kala mengalami kecelakaan saat mountain bike. Dalam kompetisi mungkin saja terjadi, tetapi bagaimana jika sedang melakukan solo mountain bike?

Menanti harapan ditolong saja bukanlah langkah yang tepat. Di saat itulah pertolongan pertama harus bisa dilakukan seorang pesepeda gunung secara mandiri. Maka dari itu, penting kiranya, selain berlatih secara tekun, juga mengenal prinsip pertolongan pertama bersepeda gunung.

Pertolong Pada 30 Menit Pertama

Segera ambil tindakan pada 30 menit pertama pasca kecelakaan. Periksa bagian mana yang paling terasa sakit. Jika terluka segera hentikan pendarahannya dengan menutup dan mengikatnya kuat-kuat.

Pastikan tak ada cedera seperti patah tulang pada beberapa bagian tubuh. Hindari panik dan tenangkan diri. Jika masih kuat berdiri, pindah ke tempat yang lebih datar dan segera hubungi nomor darurat bantuan.

Siaga tas Pertolongan Pertama

Selain botol air minum, mountain bike biasanya membawa tas ikat kecil berisi beberapa benda-benda yang dibutuhkan sebagai pertolongan pertama. Sebut saja obat merah, plester, kain kasa dan antibiotik. Bahkan, tas pertolongan pertama ini diwajibkan untuk dibawa saat kompetisi sebagai tindakan awal kecelakaan sebelum paramedis datang.

Pastikan Kondisi Kesehatan

Kecelakaan bisa terjadi kapan saja, kendati teknik bersepeda gunung sudah cukup handal. Risiko tersebut semakin tinggi ketika kondisi tubuh kurang fit. Maka dari itu, sebelum memutuskan bersepeda gunung, pastikan kondisi kesehatan tubuh terlebih dulu. Jika memang benar-benar tidak fit, mengurungkan niat dan memilih beristirahat sementara waktu adalah keputusan terbaik.

Perhatikan Rekan Setim

Keuntungan bersepeda gunung berkelompok, ketika salah satu ada yang kecelakaan, yang lainnya dapat langsung menolong. Begitu juga jika ada rekan yang kecelakaan, segera bantu dan berikan pertolongan pertama sesuai prinsip 30 menit pertama.

Jangan Abaikan Asuransi

Oleh karena mountain bike termasuk olahraga ekstrem, akan lebih baik jika mengasuransikan diri . Tujuaannya, jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan seperti kecelakaan saat bersepeda gunung, pihak asuransi bisa memberikan pertolongan lebih cepat dan tentunya lebih terjamin.

Selain kecelakaan, hambatan yang acapkali menerpa mountain biker adalah paparan debu dan sinar matahari. Debu pegunungan yang bertebaran mau tidak mau membuat wajah #beranirusak akibat paparannya. Berikan segera pertolongan pertama usai mendarat dengan Vaseline Men Facial foam. Pembersih wajah ini dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak akibat paparan debu, sinar matahari dan polusi. [tmi]

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini